Setiawan, Alexander Agung (2018) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMK Kolese Santo Yusup (Kosayu) Kota Malang / Alexander Agung Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Setiawan Alexander Agung. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di SMAK Kolese Santo Yusup (Kosayu) Kota Malang. Skripsi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. M.E Winarno M.Pd (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes. Kata Kunci pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) mempunyai peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yaitu mengarahkan peserta didik untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat dalam melatih kecerdasan emosional mental dan fisik. Oleh karena itu guru dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam menyusun RPP dan pelaksanaan pembelajaran agar tujuan yang diharapkan tercapai. Perbedaan antara RPP dengan pelaksanaan pembelajaran yang terjadi di SMAK Kolesa Santo Yusup (Kosayu) Kota Malang takutnya akan mengganggu tercapainya tujuan yang diharapkan. Berkaitan dengan itu maka diperlukan pembahasan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PJOK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMAK Kosayu Kota Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 4 guru PJOK di SMAK Kosayu Kota Malang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Pada metode observasi peneliti memegang lembar observasi APKG untuk melihat kemampuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Analisis data dalam penelitian menggunakan uji statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran PJOK guru 1 sebesar 82% kategori sangat baik guru 2 sebesar 87% kategori sangat baik guru 3 sebesar 62% kategori baik guru 4 sebesar 76% kategori baik dengan hasil keseluruhannya sebesar 77% kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMAK Kosayu Kota Malang yang dilakukan oleh 4 guru termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/50543 |
Actions (login required)
View Item |