Peningkatan pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain untuk siswa kelas V SDN Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Roby Khomarulloh - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain untuk siswa kelas V SDN Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Roby Khomarulloh

Khomarulloh, Roby (2012) Peningkatan pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain untuk siswa kelas V SDN Madyopuro Kecamatan Kedungkandang Kota Malang / Roby Khomarulloh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Lari Metode Bermain Pada kompetensi dasar kelas V semester 2 yaitu mempraktikkan variasi teknik dasar atletik yang dimodifikasi serta nilai semangat sportivitas kerjasama percaya diri dan kejujuran. Pada observasi awal 35 siswa kelas V SDN Madyouro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang terdapat kesalahan saat melakukan yaitu sikap kaki 22 siswa sikap badan 15 siswa sikap kepala 14 siswa sikap lengan 9 siswa. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan metode bermain yang bertujuan untuk menghindarkan siswa dari rasa bosan dan meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran gerak dasar lari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain untuk siswa kelas V SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus tiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Madyopuro 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Hasil penelitian ini terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa sikap siswa dan pengetahuan siswa serta kinerja guru dan suasana akademik dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan yaitu pada sikap kaki dari 51 4% menjadi 68 5% sikap badan dari 65 7% menjadi 80% sikap kepala dari 71 4% menjadi 88 5% sikap lengan dari 82 8% menjadi 91 4%. Siklus 2 pada sikap kaki dari 82 8% menjadi 94 2% sikap badan dari 88 5% menjadi 100% sikap kepala dari 91 4% menjadi 100% sikap lengan dari 94 2% menjadi 100%. Selain aspek psikomotor didapat juga peningkatan mengenai aspek kognitif dan afektif siswa. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran gerak dasar lari melalui metode bermain kesimpulannya yaitu mengalami peningkatan yang maksimal. Saran yang diberikan yaitu apabila pembelajaran gerak dasar lari menggunakan metode bermain maka hasil belajar siswa hasil kinerja guru dan suasana akademik dapat meningkat. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian yang sama diharapkan dapat mengembangkan lagi permainan-permainan olahraga untuk diterapkan pada pembelajaran pendidikan jasmani

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49715

Actions (login required)

View Item View Item