Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VI SDN Lumbangrejo 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Dwi Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VI SDN Lumbangrejo 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Dwi Susanto

Susanto, Dwi (2012) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru menggunakan pendekatan bermain pada siswa kelas VI SDN Lumbangrejo 1 Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Dwi Susanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Metode bermain siswa aktif pembelajaran tolak peluru Tolak peluru merupakan salah satu cabang atletik yang diajarkan di sekolah dasar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan diperoleh informasi bahwa masih banyak siswa yang tidak aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di SDN Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan masih sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi dan modelling untuk memberikan contoh kepada siswa. Peneliti menyadari adanya perbedaan tingkat pemahaman dan tingkat penerapan informasi pada setiap siswa yang nantinya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain. Salah satu ciri pembelajaran dengan menggunakan metode bermain adalah siswa senang dan banyak bergerak. Dengan proses pembelajaran tersebut siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam pembelajaran tolak peluru sehingga hasil belajar meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tolak peluru kelas VI SDN Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan menggunakan metode bermain. Rancangan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yang terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani guru Pendidikan Jasmani lain dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan dari 20 siswa terdapat 20% atau 4 siswa yang tidak antusias 15% atau 3 siswa yang tidak senang siswa tidak bersungguh-sungguh 5% atau 1 siswa. Secara umum keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru pada siklus 1 meningkat pada sikus 2 dan dari data di atas maka pembelajaran dikatakan sukses karena ketuntasan minimal yang dibuat sekolah adalah 70% . Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode bermain dan variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran tolak peluru kelas VI SDN Lumbangrejo I Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49693

Actions (login required)

View Item View Item