Pengembangan model permainan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Frendy Aru Fantiro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model permainan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Frendy Aru Fantiro

Fantiro, Frendy Aru (2012) Pengembangan model permainan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang / Frendy Aru Fantiro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Model Permainan Kecerdasan Kinestetik. Berdasarkan penelitian melalui wawancara pada tanggal 27 januari 2012 terhadap dua guru taman kanak-kanak negeri Pembina kecamatan Kepanjen kabupaten Malang yaitu guru menjelaskan bahwa masih kurangnya variasi-variasi model permainan fisik motorik khususnya permainan kecerdasan kinestetik. Hal itu disebabkan karena tidak adanya guru yang berlatar belakang pendidikan jasmani serta minimnya pengetahuan guru terhadap perkembangan gerak motorik serta kecerdasan kinestetik siswa. Berdasarkan masalah tersebut guru sangat memerlukan model permainan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik. Maka dari itu peneliti bermaksud mengembangkan model permainan yang bertujuan mengembangkan kecerdasan kinestetik siswa taman kanak-kanak negeri Pembina kepanjen malang yang dikemas dalam bentuk VCD (Video Compact Disk). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa taman kanak-kanak negeri pembina sehingga model permainan tersebut dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran serta dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa. Penelitian yang dilaksanakan di TK negeri Pembina kecamatan kepanjen kabupaten malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 4 ahli. 77 58% untuk ahli media 88 09% untuk ahli motorik 78 95% untuk ahli permainan dan 90 90% untuk ahli taman kanak-kanak. pada uji kelompok besar dengan menggunakan 8 orang guru diperoleh persentase 91 19% untuk kelompok A dan 92 61% untuk kelompok B berdasarkan hasil penelitian uji signifikasi t hitung 33 953 t table 5% 2 045 dengan derajat kebebasan 30-1 29. Karena t hitung lebih besar dari t table pada taraf signifikasi 5% maka hipotesis nihil ditolak. sehingga model permainan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa taman kanak-kanak negeri Pembina kepanjen malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan di antaranya produk sebaiknya diperbanyak.sehingga guru dapat memberikan pembelajaran pendidikan jasmani dengan baik serta siswa dapat aktif dan meningkat kecerdasan kinestetiknya. Sebelum disebarluaskan sebaiknya produk disusun kembali menjadi lebih baik. Baik isi maupun kemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) > S1 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49681

Actions (login required)

View Item View Item