Tanggapan konsumen terhadap produk tenun ÔÇ£Telaga SariÔÇØ di Kabupaten Trenggalek / Ivo Putria Listanova - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan konsumen terhadap produk tenun ÔÇ£Telaga SariÔÇØ di Kabupaten Trenggalek / Ivo Putria Listanova

Listanova, Ivo Putria (2018) Tanggapan konsumen terhadap produk tenun ÔÇ£Telaga SariÔÇØ di Kabupaten Trenggalek / Ivo Putria Listanova. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Listanova I.P. 2018. Tanggapan Konsumen Terhadap Produk Tenun Telaga Sari di Kabupaten Trenggalek. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Idah Hadijah. M.Pd (II) Anik Dwiastuti S.T. M.T. Kata Kunci Tanggapan Konsumen Produk Tenun Home industry Telaga Sari merupakan salah satu penghasil tenun yang hanya ada di Kabupaten Trenggalek. Meskipun home industry Telaga Sari masih tergolong baru penjualan produk tenunnya sudah sampai luar negeri. Berdasarkan survei awal pemilik usaha tenun Telaga Sari belum pernah mencatat hasil penjualan produk tenunnya secara tertulis sehingga pemilik tenun Telaga Sari tidak bisa menafsirkan produk tenunnya yang disukai oleh konsumen secara empiris. Maka dari itu untuk mengetahui karakteristik produk tenun Telaga Sari yang disukai konsumen perlu diadakan survei melalui tanggapan konsumen menggunakan dimensi kualitas produk dan unsur-unsur atribut produk sebagai rangsangan perusahaan dalam mempelajari keputusan pembelian konsumen selanjutnya informasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai perbaikan dan pengembangan home industry Telaga Sari untuk mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan dengan menjadikan usahanya terus berkembang hingga menjadi kampung tenun. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Peneliti akan mengumpulkan data berupa kuisioner. Peneliti melakukan uji validasi dan realiabilitasnya dengan melibatkan 12 responden dan berikutnya dilanjutkan dengan 38 responden yang telah berkunjung dan membeli produk tenun Telaga Sari . Hasil penelitian yang diperoleh dari tanggapan responden sebesar 64% menyatakan bahwa nilai persentase produk tenun Telaga Sari tersebut tergolong kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk tenun Telaga Sari disukai oleh masyarakat. Saran dari peneliti bagi pemilik home industry Telaga Sari yaitu diharapkan tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang telah dimiliki. Berdasarkan hasil penelitian home industry Telaga Sari hendaknya pemilik tenun menambah tenaga kerja dan menyediakan bahan khusus untuk mencuci kain tenun agar konsumen tidak kesulitan mencari bahan untuk merawat kain tenun. Selain itu konsumen diharapkan memesan produk dari satu bulan sebelumnya dari waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49221

Actions (login required)

View Item View Item