Tanggapan dosen pengajar tentang pelaksanaan pembelajaran Mub Modiste / Nur Aida Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Tanggapan dosen pengajar tentang pelaksanaan pembelajaran Mub Modiste / Nur Aida Fauziah

Fauziah, Nur Aida (2018) Tanggapan dosen pengajar tentang pelaksanaan pembelajaran Mub Modiste / Nur Aida Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii RINGKASAN Fauziah Nur Aida. 2018. Tanggapan Dosen Pengajar Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran MUB Modiste. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Esin Sintawati M.Pd. (II) Dra. Endang Prahastuti M.Pd. Kata kunci Tanggapan Dosen Pembelajaran MUB Modiste Pembelajaran MUB Modiste merupakan salah satu mata kuliah praktik yang dilaksanakan oleh tata busana Universitas Negeri Malang yang ditempuh pada semester 5. Pada proses pembelajaran MUB Modiste mahasiswa dituntut mencari konsumen untuk memenuhi target order yang telah ditentukan. Adanya konsumen sebagai elemen tambahan pada pembelajaran MUB Modiste menjadikan mata kuliah ini berbeda dengan mata kuliah praktik lainnya. Setiap pembelajaran perlu adanya evaluasi secara global supaya pembelajaran tersebut menjadi lebih baik lagi. Pada penelitian ini membahas mengenai tanggapan dosen pengajar terkait pelaksanaan pembelajaran MUB Modiste. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data-data yang diperlukan dihimpun dengan menggunakan terknik triangulasi (gabungan) sumber dan teknik. Sumber yang digunakan oleh peneliti yaitu dosen pengajar dan yang pernah mengampu mata kuliah MUB Modiste. Cara yang digunakan dalam triangulasi teknik diantaranya angket tertutup wawancara dan dokumen. Hasil penelitian bisa disimpulkan sebagai berikut (1) RPP telah dirumuskan dan dikembangkan dengan baik oleh setiap dosen pengajar. perumusan RPP sesuai dengan kebutuhan industri modiste pada umumnya (2) kebiasaan mahasiswa selama kegiatan pembelajaran MUB Modiste dianggap telah memiliki sikap serta perilaku baik dan kurang baik. Perilaku kurang baik dari mahasiswa ditunjukkan karena masih adanya pelanggaran yang biasa dilakukan oleh mahasiswa. Perilaku baik dari mahasiswa yaitu kedisiplinan mereka pada saat pembelajaran (3) dosen pengajar telah mengaplikasikan kompetensi yang dimiliki untuk memberikan arahan kepada mahasiswa. Dosen pengajar mengambil kebijakan secara adil kepada mahasiswa mengenai hasil kerja mereka (4) alat praktik yang digunakan dianggap cukup lengkap dan dapat menunjang kegiatan pembelajaran MUB Modiste luas laboratorium yang digunakan telah memenuhi standar nasional perguruan tinggi. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah (1) Bagi mahasiswa diharapkan lebih disiplin dalam mengikuti pembelajaran sehingga dapat mencapai target dari mata kuliah MUB Modiste (2) bagi lembaga dapat dijadikan evaluasi sehingga lembaga dapat mempertahankan kondisi yang telah ada dan dapat ditingkatkan lebih baik (3) bagi peneliti lain dapat dijadikan referensi untuk penelitian yang relevan dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/49217

Actions (login required)

View Item View Item