Qhaisum, Afina Haniffarasati (2016) Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemrograman dasar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Cerme Gresik / Afina Haniffarasati Qhaisum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Haniffarasati Q Afina. 2016. Penerapan Model Discovery Learning untukMeningkatkanMotivasidanHasilBelajarSiswaKelas X TKJ Pada Mata PelajaranPemrogramanDasar di SMK Negeri1Cerme Gresik. Skripsi FakultasTeknik. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Ir. H. SyaadPatmanthara M.Pd. (II) M. JauharulFuady S.T. M.T. Kata Kunci Discovery Learning motivasibelajar hasilbelajar Permasalahan yang ditemukanpada 32 siswakelas X TKJ 1 matapelajaranPemrogramanDasar di SMK Negeri 1 Cerme Gresik yaitu (1) hasilbelajar 15 siswamasihdibawahKriteriaKetuntasan Minimal (KKM) (2) motivasibelajar 17 siswamasihrendah dan (3) model pembelajaranProject Based Learning yang digunakan guru tidaksesuaidengankaraktersiswa. Dari permasalahantersebut penelitimencobamenerapkan model pembelajaran yang cocokuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranPemrogramanDasaryaitu model Discovery Learning. Model Discovery Learning mampumembantusiswauntukmenemukankonsepmelaluiserangkaian data atauinformasi yang diperolehdarisuatupengamatanataupercobaan.PenelitianinimenggunakanrancanganPenelitianTindakanKelas (PTK) dimanaterdapat 2 siklusdenganmasing-masingtahapanyaituperencanaan pelaksanaan pengamatan danrefleksi. Hasilpenelitianiniadalah (1) Motivasibelajarsiswasebelumtindakanmempunyaipersentaseketuntasansebesar 46 10% padasiklus 1 adalah 68 75% danpadasiklus 2 sebesar 100%. (2) Hasilbelajarpengetahuansiswasebelumtindakansebesar 53 12% dengannilai rata-rata 71 56 kemudianpadasiklus 1 sebesar 81 25% dengannilai rata-rata 75 78 danpadasiklus 2 sebesar 100% dengannilai rata-rata 82 03. (3) Hasilbelajarsikappadasiklus 1 mempunyaipersentasesebesar 77 86% danpadasiklus 2 adalah 85 41%. (4) Hasilbelajarketerampilanpadasiklus 1 mempunyaipresentasesebesar 77 34% danpadasiklus 2 adalah 89 84%. Kesimpulandarihasilpenelitiankelas X TKJ 1 padamatapelajaranPemrogramanDasardenganpenerapan model Discovery Learningmampumeningkatkanmotivasibelajarsiswa hasilbelajarpengetahuan hasilbelajarsikapdanhasilbelajarketerampilan. 8195
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48042 |
Actions (login required)
View Item |