Studi minat berwirausaha siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri se-kabupaten Sidoarjo / Istu Purnamasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi minat berwirausaha siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri se-kabupaten Sidoarjo / Istu Purnamasari

Purnamasari, Istu (2019) Studi minat berwirausaha siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri se-kabupaten Sidoarjo / Istu Purnamasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purnamasari Istu. 2018. Studi Minat Berwirausaha Siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri se Kabupaten Sidoarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan I. M.Kom (II) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom. Kata kunci Minat Berwirausaha Bidang Multimedia SMK Tujuan didirikannya SMK adalah untuk menciptakan lulusan yang siap kerja baik mengisi lapangan pekerjaan yang sudah ada maupun membuat lapangan kerja sendiri (berwirausaha). Namun keadaan saat ini dimana semakin sedikitnya lapangan pekerjaan maka SMK harus lebih menyiapkan lulusannya untuk berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengukur minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan multimedia di SMK Negeri se Kabupaten Sidoarjo (2) mengetahui faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan Multimedia di SMK Negeri se Kabupaten Sidoarjo (3) memverifikasi bidang-bidang wirausaha multimedia apa yang diminati siswa kelas XII SMK Negeri se Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan dilihat dari jenis data yang dikumpulkan dikenal dengan penelitian kualitatif dengan data kuantitatif serta gabungan kualitatif dan kuantitatif yang dikenal sebagai metode gabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri Kabupaten Sidoarjo. Smk negeri 2 buduran dengan jumlah 107 siswa dan Smk negeri 1 jabon dengan jumlah 71 siswa sehingga total populasinya adalah 178 siswa. Dari jumlah populasi yang ada kemudian jumlah masing-masing sekolah dikalikan dengan 40% maka diperoleh angka 43 untuk siswa smk negari 2 buduran dan angka 28 untuk siswa Smk negeri 1 jabon. Sehingga total sampel yang digunakan sebanyak 71 siswa dengan menggunakan teknik sampling nonprobabilitas. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian dengan analisis deskriptif mengenai minat berwirausaha siswa kelas XII Jurusan Multimedia di SMK Negeri se Kabupaten Sidoarjo persentase minat berwirausaha berada pada tingkat sedang dengan persentase 77 5% serta frekuensi 138 kemudian faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha berada pada tingkat sedang dengan persentase 54 5% serta frekuensi 97 kemudian pada bidang pada bidang multimedia berada pada kriteria tinggi yaitu 57 3% dengan frekuensi 102. Hasil tersebut diperkuat dengan analisis faktor yang menunjukkan bahwa minat berwirausaha memiliki 8 faktor pembentuk persentase faktor tertinggi yakni percaya diri dan semangat dengan 23 126%. Pada faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha memiliki 4 faktor pembentuk persetase tertinggi yakni faktor pantang menyerah 32 045% serta pada bidang multimedia memilik 5 faktor pembentuk persentase tertinggi yaitu faktor industri kreatif dengan 35 038%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46582

Actions (login required)

View Item View Item