Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan terhadap minat dan hasil belajar siswa SMKN 1 Turen / Nur Azis Mukhlisin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan terhadap minat dan hasil belajar siswa SMKN 1 Turen / Nur Azis Mukhlisin

Mukhlisin, Nur Azis (2018) Pengaruh kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan terhadap minat dan hasil belajar siswa SMKN 1 Turen / Nur Azis Mukhlisin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukhlisin Azis Nur. 2017. Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Pembelajaran pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMKN 1 Turen. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ir. H. Syaad Patmantara M.Pd. (II) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T. Kata Kunci Kompetensi Guru Fasilitas Pembelajaran Minat Hasil Belajar Siswa Kompetensi guru merupakan kemampuan guru dalam mengajar. Kompetensi guru erat kaitannya dengan minat belajar dan hasil belajar. karena dengan kompetensi guru yang baik dapat mempengaruhi kedua hal tersebut. Selain itu fasilitas pembelajaran juga dapat berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa. Karena fasilitas pembelajaran merupakan sarana dan prasarana yang harus ada di sekolah yang berguna untuk mempermudah proses belajar. dengan adanya kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran yang baik maka dapat diharapkan dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tingkat kompetensi guru fasilitas pembelajaran minat belajar siswa dan hasil belajar siswa 2) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap minat belajar siswa 3) mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap minat belajar siswa 4) mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa 5) mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa 6) mengetahui pengaruh kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran terhadap minat belajar siswa 7) mengetahui pengaruh kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan pada siswa dengan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN 1 Turen dengan jumlah sampel sebanyak 104 siswa. untuk mengukur kompetensi guru fasilitas pembelajaran dan minat belajar menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi parsial dan simultan (regresi ganda). Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS IBM SPSS Statistic v20. Kesimpulan dari penelitian yaitu 1) kompetensi yang dimiliki guru sudah baik fasilitas pembelajaran yang digunakan dalam kondisi yang baik minat belajar siswa terhadap proses pembelajaran sudah baik dan hasil belajar siswa yang diperoleh sudah cukup baik. 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap minat belajar 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran terhadap minat belajar 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar 6) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran terhadap minat belajar 7) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru dan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/46413

Actions (login required)

View Item View Item