Integrasi sistem informasi Jurusan Teknik Elektro pada data master elektro / Dian Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Integrasi sistem informasi Jurusan Teknik Elektro pada data master elektro / Dian Purwanto

Purwanto, Dian (2014) Integrasi sistem informasi Jurusan Teknik Elektro pada data master elektro / Dian Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwanto Dian. 2014. Integrasi Sistem Informasi Jurusan Teknik Elektro Pada DataMaster Elektro. Proposal Skripsi S1 Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Triyanna Widiyaningtyas S.T. M.T. (2) MuhammadJauharulFuady ST. M.T. Kata Kunci Database Redundancy data D-Master Kegiatan pengembangan sistem informasi yang berbasis web merupakan bagian dari kegiatan pembelajaran dan penelitian pengembangan yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Untuk memfasilitasi hal itu sudah disediakan server database untuk menampung data sistem informasi yang dikembangkan oleh mahasiswa dan dosen. Namun pemanfaatan database ini masih dirasa belum maksimal karena banyak ditemukannya penggandaan data akademik di dalam database. Hal ini tentu sangatlah merugikan selain membutuhkan memori yang lebih juga akan memberatkan kinerja server itu sendiri. Salah satu cara mengurangi atau menghilangkan penggandaan data atau redundency data tersebut adalah dengan menyediakan data master yang secara khusus bisa diakses oleh para pengembang sistem informasi berbasis web di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem informasi yang mampu mengelola data terintegrasi yang disebut D-Master. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan tujuan untuk merancang mengembangkan dan melakukan pengujian sistem informasi database terpusat di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang selanjutnya disebut sebagai D-Master. Metode pengembangan database yang digunakan ialah model pengembangan System Development Life Cycle dengan tahapannya meliputianalisis desain implementasi serta operasi dan pemeliharaan. Pengujian pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan pengujian fungsionalitas sistem dengan uji black box kepada pengguna D-Master. Hasil uji coba produk menunjukkan rata-rata persentase aspek fungsionalitas yang diberikan oleh admin admin pengguna dan user sebesar 100%. Dengan demikian D-Master dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sistem informasi untuk mengelola data akademik Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45980

Actions (login required)

View Item View Item