Handini, Sefrina Tri (2018) Analisis kerugian transportasi akibat adanya on-street parking (studi kasus: Jalan Sersan Harun Kota Malang) / Sefrina Tri Handini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
iv ABSTRAK Handini Sefrina Tri 2018. Analisis Kerugian Transportasi Akibat Adanya On- Street Parking (Studi Kasus Jalan Sersan Harun Kota Malang). S1 Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T. (II) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T. Kata Kunci kerugian transportasi on street parking jalan Sersan Harun Malang Tingginya intensitas kegiatan pada Pasar Besar Kota Malang sebagai pusat perdagangan menarik pergerakan lalu lintas yang sangat besar sehingga fasilitas parkir yang dibutuhkan juga cukup tinggi. Pasar Besar telah menyediakan lahan parkir namun tidak digunakan secara efektif. Pengunjung pasar lebih banyak yang memilih di sekeliling pasar khususnya di badan jalan Sersan Harun yang terletak di sisi barat pasar besar. Lebar jalan yang tersita oleh kegiatan parkir mengurangi kapasitas jalan tingkat pelayanan jalan dan menimbulkan kerugian yang besar terhadap pengguna jalan yang melalui jalan tersebut. Pengguna jalan akan mengalami antrian kendaraan yang panjang dan waktu tempuh kendaraan yang relatif lebih lama sehingga berakibat timbulnya biaya eksternal (external cost) berupa penambahan biaya operasional kendaraan (BOK) dan kerugian nilai waktu. Namun di sisi lain adanya on-street parking berdampak pada meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir yang dibayarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerugian transportasi akibat adanya on-street parking. Kerugian transportasi diperhitungkan berdasarkan besar penambahan BOK dan kerugian nilai waktu akibat kemacetan yang disebabkan oleh adanya kegiatan parkir pada badan jalan (on-street parking). Kerugian yang telah dianalisis akan dibandingkan dengan pendapatan parkir pada ruas jalan tersebut. Perhitungan BOK untuk kendaraan ringan dan kendaraan berat didasarkan pada metode Pacific Consultant International (PCI). Perhitungan BOK untuk sepeda motor didasarkan pada metode Public Transport Urban Infrastucture Project (PTS-BUIP). Perhitungan nilai waktu didasarkan pada metode pendekatan pendapatan (Income Aprroach). Metode pengumpulan data adalah dengan survei dan pengamatan langsung di lapangan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program bantu Microsoft Excel 2010. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kerugian BOK yang harus ditanggung pengguna jalan selama on-street parking beroperasi adalah sebesar Rp. 583 776.5 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp. 391 854.3 -/hari pada hari libur. Kerugian nilai waktu yang dialami pengguna jalan selama on-street parking beroperasi adalah sebesar Rp. 7 093 690.47 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp. 4 280 565.93 -/hari pada hari libur. Biaya kerugian total yang dialami oleh pengguna jalan akibat adanya on-street parking adalah sebesar Rp. 7 677 467 - /hari pada hari kerja dan sebesar Rp. 4 672 420.2 -/hari pada hari libur. Pendapatan parkir adalah sebesar Rp. 1.330.000 -/hari pada hari kerja dan sebesar Rp. 665.000 -/hari pada hari libur sehingga dapat disimpulkan bahwa kerugian transportasi lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan parkir yang masuk sebagai PAD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45444 |
Actions (login required)
View Item |