Pengaruh pengekangan carbon fibre reinforced polymer (CFRP) terhadap kapasitas kolom bulat <BR>oleh Samsul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengekangan carbon fibre reinforced polymer (CFRP) terhadap kapasitas kolom bulat <BR>oleh Samsul Arifin

Arifin, Samsul (2002) Pengaruh pengekangan carbon fibre reinforced polymer (CFRP) terhadap kapasitas kolom bulat <BR>oleh Samsul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

CFRP adalah salah satu bahan perkuatan yang paling populer dari sekian banyakb ahanp erkuatany ang dipakaid alams trukturb etonb ertLrlangK. euntungan dari CFRP jika dibandingkan dengan baja tulangan antara lain . Kekuatan tarik yang bisa mencapai 10 kali lebih besar Masa jenis 10 kati lebih kecil Tahan terhadap korosi Tidak dipengaruhio leh medan elektromagnetikd an koefisien muai yang rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kapasitas kolom bulat setelah mengalampi engekangadne nganm enggunakaaCn arbonF ibre ReinforccdP olyrner (CFRP). Pengekangakno lom denganr nenggunakaCn arbonF ibreR einibrcedP olymer dilakukan dengan dua variasi pengekangan yaitu pengekangan 1 lapis dan pengekangan2 tapis denganm enggunakanC FRP tipe wrap.Sertas atu buah kolom tanpa perkuatan dengan maksud sebagai pembanding. Pemasangan CFRP menyeluruhs. esuai dengan diameter dan tinggr benda uji. Diameter 175mm dan panjang8 75mm.U ntuk mendapatkabne sarnyar egangany ang terjadi menggunakan strain gauge pada beberapa titik yang kemudian dihubungkan dengan alat pencatat UPM Multi point. Kemudian dilakukan uji tekan terhadap benda uji sampai mengalami keruntuhan. Analisis yang digunakana dalah pendekatanK urva HubunganT egangan- Regangany ang telah diungkapkano leh para ahli sepertiK urva HubunganT egangan- RegangaPn riestley Paulayu ntuk kolom yangd iperkuatd enganC FRPs edangkan kurva hubungant egangan-regangaKne nt dan Park unfuk kolom tanpap erkuatan. Hasil dari penelitiani ni menunjukkana danyap eningkatank apasitask olom bulat sctclah dikekang dengan CFRP yaitu gaya tekan maksimum dan 62 9 ton tanpa dikekangm enjadi1 09 4t on dan 135 7t on setelahd ikekangd enganC FRP I lapisd an 2lapis. Berdasarkanh asil penelitiani ni dapatd isarankana gar dilalukan penelitian lanjutanm engenasi ifatd an CFRPt erhadapg ayal enturd anm omenl entur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44496

Actions (login required)

View Item View Item