Kesulitan belajar siswa diantara gaya mengajar guru di departemen bangunan SMK Negeri 1 Blitar / Galih Prasetyo Wiyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesulitan belajar siswa diantara gaya mengajar guru di departemen bangunan SMK Negeri 1 Blitar / Galih Prasetyo Wiyono

Wiyono, Galih Prasetyo (2018) Kesulitan belajar siswa diantara gaya mengajar guru di departemen bangunan SMK Negeri 1 Blitar / Galih Prasetyo Wiyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ii ABSTRAK Prasetyo Wiyono Galih. 2018. Kesulitan Belajar Siswa Diantara Gaya Mengajar Guru di Departemen Bangunan SMK Negeri 1 Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T M.Pd. (II) Drs. Priyono M. Pd. Kata kunci Gaya Mengajar Guru Kesulitan Belajar Siswa Guru memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Setiap guru memiliki gaya mengajar yang berbeda dengan lainnya sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya meskipun mempunyai tujuan yang sama yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan. Gaya mengajar guru mencerminkan karakter guru itu sendiri dan sulit diubah karena pembawaan sejak lahir. Oleh karena itu gaya mengajar guru menjadi faktor penting keberhasilan prestasi siswa. Namun tidak semua gaya mengajar guru menentukan keberhasilan belajar siswa ada gaya mengajar dengan metode sama dapat menyebabkan siswa merasa jenuh dan bosan. Hal itu menandakan kesulitan belajar siswa diantara gaya mengajar guru dengan metode yang sama lebih tinggi kesulitan daripada gaya mengajar yang bervariasi. Dengan demikian guru harus memperhatikan gaya mengajarnya agar siswa tidak mengalami kesulitan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa diantara gaya mengajar guru di Departemen Bangunan SMK Negeri 1 Blitar. Hipotesis yang disajikan adalah ada perbedaan yang signifikan pada kesulitan belajar siswa diantara gaya mengajar guru di Departemen Bangunan SMK Negeri 1 Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa Departemen Bangunan SMK Negeri 1 Blitar yang terdiri dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan dan Bisnis Konstruksi dan Properti berjumlah 72 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dengan Uji Oneways Anova dan uji lanjutan dengan Uji Scheffe pada IBM SPSS Statistics 24. Hasil penelitian menunjukkan Gaya Mengajar Klasik dan Gaya Mengajar Teknologis diperoleh hasil signifikan sebesar 0 001 0 025. Artinya Ho ditolak atau ada perbedaan yang signifikan kesulitan belajar siswa pada gaya mengajar klasik dengan gaya mengajar teknologis. Karena kesulitan siswa yang diajar gaya mengajar teknologis rata-ratanya sebesar 16 60 sedangkan kesulitan belajar siswa yang diajar gaya mengajar klasik rata-ratanya sebesar 14 75 maka kesulitan belajar siswa pada gaya mengajar teknologi lebih tinggi kesulitan daripada gaya mengajar klasik. Dari gaya mengajar tersebut diatas dinyatakan bahwa gaya mengajar yang dapat memudahkan belajar siswa adalah gaya mengajar klasik karena berdasarkan rata-rata kesulitan belajar siswa pada gaya mengajar klasik sebesar 14 75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44457

Actions (login required)

View Item View Item