Pengembangan modul kajian materi dasar-dasar konstruksi kayu berbasis strategi pemecahan masalah pada Program Keahlian DPIB di SMKN 11 Malang / Sandik Eko Rusadiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul kajian materi dasar-dasar konstruksi kayu berbasis strategi pemecahan masalah pada Program Keahlian DPIB di SMKN 11 Malang / Sandik Eko Rusadiyanto

Rusadiyanto, Sandik Eko (2018) Pengembangan modul kajian materi dasar-dasar konstruksi kayu berbasis strategi pemecahan masalah pada Program Keahlian DPIB di SMKN 11 Malang / Sandik Eko Rusadiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rusadiyanto S. E. 2018. Pengembangan Modul Kajian Materi Dasar-Dasar Konstruksi Kayu Berbasis Strategi Pemecahan Masalah pada Program Keahlian DPIB di SMKN 11 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. H. Suparno S.T. M.T. Kata Kunci dasar-dasar konstruksi kayu bahan ajar modul strategi pembelajaran pemecahan masalah. Materi pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Kayu merupakan salah satu materi pelajaran penting yang diajarkan pada program keahlian DPIB SMKN 11 Malang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan masih terdapat 39% siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal-soal yang membutuhkan strategi pemecahan masalah yang tinggi. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang digunakan belum memenuhi kebutuhan siswa untuk menyelesaikan soal-soal yang membutuhkan kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Berdasarkan hal tersebut pengembangan bahan ajar penting dilakukan agar pembelajaran lebih efektif efisien dan tidak melenceng dari kompetensi yang akan dicapainya. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran adalah modul kajian materi Dasar-Dasar Konstruksi Kayu berbasis strategi pemecahan masalah pada program keahlian DPIB di SMKN 11 Malang. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan serta mengetahui hasil validasi modul berbasis strategi pemecahan masalah yang dilengkapi buku panduan guru. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four D model) yang direkomendasikan oleh Thiagarajan et. al. Peneliti tidak melakukan langkah penyebaran (disseminate) pada penelitian ini. Rancangan dalam penelitian dan pengembangan ini diawali dari tahap pendefinisian (define) kemudian perancangan (design) dan diakhiri dengan tahap pengembangan (develop). Produk ini divalidasi kepada validator ahli materi validator ahli media guru pengajar dan uji coba penggunaan kepada siswa. Subjek uji coba penelitian pengembangan ini adalah satu orang ahli materi satu orang ahli media satu orang guru pengajar dan sembilan siswa. Peneliti akan melakukan perbaikan ulang jika persentase hasil validasi dan hasil uji coba penggunaan dibawah 75%. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan (1) hasil validasi ahli materi berada pada kategori sangat layak (90 70%) (2) hasil validasi ahli media berada pada kategori sangat layak (81 67%) (3) hasil validasi guru pengajar materi Dasar-Dasar Konstruksi Kayu berada pada kategori sangat layak (89 62%) (4) hasil uji coba penggunaan kepada siswa berada pada kategori sangat layak (88 33%). Berdasarkan hasil data maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44448

Actions (login required)

View Item View Item