Aslamiyah, Suwaibah Al (2015) Analisis dampak lalu lintas pada kawasan Malang City Point (MCP) / Suwaibah Al Aslamiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aslamiyah Suwaibah Al. 2015. Analisis Dampak Lalu Lintas pada Kawasan Malang City Point. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T (II) Drs. H. Suparno S.T. M.T. Kata Kunci dampak lalulintas Malang City Point Perubahan tata guna lahan menyebabkan timbulnya tarikan perjalanan. Di Kota Malang akhir-akhir ini banyak pengembangan kawasan baru salah satunya adalah Malang City Point. Malang City Point merupakan salah satu kawasan komersil yang berpotensi menghasilkan tambahan pergerakan baru untuk kawasan disekitarnya dan kemungkinan akan menyebabkan terjadinya permasalahan lalulintas pada simpang bersinyal maupun pada ruas-ruas jalan disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemodelan tarikan perjalanan pada Malang City Point terhadap tata guna lahan mengetahui karakteristik daya tampung lahan parkir dan mengukur kinerja simpang bersinyal serta ruas-ruas jalan yang berada di sekitar Malang City Point. Nilai tarikan kendaraan diperoleh dari hasil survei kedatangan kendaraan pada kawasan Malang City Point. Teknik analisis pemodelan tarikan menggunakan uji statistik regresi dan uji prasyarat kelayakan model sehingga diperoleh model tarikan untuk kendaraan ringanY2 21 881 0 0001X1 0 002X22 0 075X3.Sedangkan untuk hasil pemodelan tarikan untuk sepeda motor tidak ada yang lolos uji prasyarat kelayakan model. Berdasarkan akumulasi parkir sepeda motor menghasilkan nilai Turn Over (TO) sebesar 0 47 dengan indeks parkir (IP) sebesar 47% dan nilai TO kendaraan ringan sebesar 0 55 dengan IP sebesar 55%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan ruang parkir masih mencukupi. Prediksi untuk 3 (tiga) tahun mendatang bertujuan untuk mengantisipasi perubahan tingkat pelayanan simpang bersinyal dan ruas jalan di simpang tersebut. Kinerja simpang pada tahun 2018 diprediksi mencapai batas titik jenuh yang ditunjukkan dengan nilai tundaansebesar 31 9 smp.det. Sedangkan kinerja dari keempat ruas jalan dengan adanya rekayasa geometrik yang memiliki nilai Degree of Saturation (DS) atau derajat kejenuhan paling tinggi yaitu ruas Jalan Langsep sebesar 0 41. Berdasarkan hasil penilitian untuk mengantisipasi dampak lalulintas dengan adanya Malang City Point perlu dilakukan pengaturan waktu siklus pada simpang dan rekayasa geometrik untuk meningkatkan kapasitas dan mengurangi nilai tundaan agar kinerja simpang menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44165 |
Actions (login required)
View Item |