Pengaruh persepsi siswa SMP terhadap minat untuk melanjutkan ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Kota Blitar / Tri Hendrik Septiaji - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa SMP terhadap minat untuk melanjutkan ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Kota Blitar / Tri Hendrik Septiaji

Septiaji, Tri Hendrik (2014) Pengaruh persepsi siswa SMP terhadap minat untuk melanjutkan ke SMK Bidang Keahlian Teknik Bangunan di Kota Blitar / Tri Hendrik Septiaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Septiaji Tri Hendrik. 2014. Pengaruh Persepsi Siswa SMP terhadap Minat untuk Melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Kota Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Isnandar M.T. (II) Drs. Ir. I Wayan Jirna M.T. Kata Kunci persepsi minat SMK program keahlian teknik bangunan 12288 12288 12288 12288 Jumlah lulusan SMP yang memilih untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan cenderung rendah peminatnya terus menurun hingga berakibat ditutupnya beberapa SMK Program Keahlian Teknik Bangunan baik di sekolah negeri maupun swasta. Salah satu faktor yang menyebabkan sepinya peminat adalah karena stigma negatif yang melekat dimana lulusannya dianggap hanya akan menjadi kuli/buruh bangunan oleh masyarakat. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa SMP di Kota Blitar tentang SMK Program Keahlian Teknik Bangunan (2) minat siswa SMP di Kota Blitar untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan (3) pengaruh persepsi siswa SMP di Kota Blitar untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. Hasil penelitian ini bermanfaat memberikan informasi bagi lembaga kependidikan khususnya untuk pengelola SMP dan SMK Program Keahlian Teknik Bangunan mengenai bagaimana persepsi siswa SMP dan minat mereka untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional dengan variabel bebas persepsi siswa SMP tentang SMK Program Keahlian Teknik Bangunan dan variabel terikat minat untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Blitar dengan jumlah 2525 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 333 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) sedangkan teknik pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) persepsi siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Blitar tentang SMK Program Keahlian Teknik Bangunan termasuk dalam kategori baik sejumlah 52 26% skor responden berada di atas nilai rata-rata (2) minat siswa kelas IX SMP Negeri di Kota Blitar untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan dalam kategori tinggi sejumlah 51 66% skor responden berada di atas nilai rata-rata (3) terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa SMP tentang SMK PKTB (dengan interpretasi sedang) dan signifikan terhadap minat siswa SMP untuk melanjutkan ke SMK PKTB di kota Blitar (taraf signifikansi 945 0 005 R 0 466 F 91 571 p 0 000) sumbangan efektif variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 21 7% (R2 0 217) persamaan regresinya Y 9 929 0 539X. 12288 12288 12288 12288 Perlu diupayakan promosi informasi dan sosialisasi yang tepat dan jelas secara kontinyu untuk menumbuhkan dan mengembangkan persepsi yang baik tentang SMK Program Keahlian Teknik Bangunan sehingga dapat meningkatkan minat siswa untuk melanjutkan ke SMK Program Keahlian Teknik Bangunan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44091

Actions (login required)

View Item View Item