Penerapan genius learning pada mata pelajaran mekanika teknik guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang / Novi Dian Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan genius learning pada mata pelajaran mekanika teknik guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang / Novi Dian Puspitasari

Puspitasari, Novi Dian (2014) Penerapan genius learning pada mata pelajaran mekanika teknik guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang / Novi Dian Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Novi Dian. 2014. Penerapan Strategi Genius Learning pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Nasional Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. dan (II) Drs. Mujiyono M.Pd. Kata Kunci Strategi Genius Learning hasil belajar. 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi yang dilakukan pada mata pelajaran mekanika teknik menunjukkan adanya beberapa permasalahan. Permasalahan yang muncul adalah proses pembelajaran yang masih menerapkan sistem pembelajaran konvesional (teacher center) monoton dan kurang menarik. Hal ini berdampak pada rendahnya penguasaan siswa terhadap mata pelajaran Mekanika Teknik sehingga banyak siswa belum memenuhi skor Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran mekanika teknik yaitu 75. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan strategi genius learning dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL). 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi genius learning dengan menggunakan metode problem based learning (PBL) (2) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Nasional Malang melalui strategi pembelajaran genius learning dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL). 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi observasi dan tes/tugas. Analisis data menggunakan teknik deskriptif pada semua jenis data yang diperoleh dari PTK. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa (1) implementasi strategi genius learning dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dalam pelajaran mekanika teknik dilakukan dengan tahapan sebagai berikut (a) menciptakan suasana kondusif (b) tahap hubungkan gambaran besar dan tetapkan tujuan dijadikan satu situasi PBL (c) tahap pemasukan informasi (d) aktivasi tahap demonstrasi tahap evaluasi dan jangkarkan menerapkan metode PBL yaitu guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses- proses yang mereka gunakan (2) penerapan strategi genius learning dengan metode PBL telah memberikan hasil yang baik dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Ada peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM pada mata pelajaran mekanika teknik setelah menerapkan strategi genius learning dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL) sebesar 86% (25 siswa) pada siklus II dari 48% (14 orang) pada siklus I. Berdasarkan hasil penelitian ini penerapan strategi genius learning dengan menggunakan PBL mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas pada pelajaran mekanika teknik. Diharapkan untuk memakai strategi genius learning dalam proses pembelajaran sebagai alternative meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44090

Actions (login required)

View Item View Item