Rekayasa papan partikel sabut kelapa dan pelepah pisang lapisan laminasi dengan uji termal / Krisnanto Wibisono - Repositori Universitas Negeri Malang

Rekayasa papan partikel sabut kelapa dan pelepah pisang lapisan laminasi dengan uji termal / Krisnanto Wibisono

Wibisono, Krisnanto (2014) Rekayasa papan partikel sabut kelapa dan pelepah pisang lapisan laminasi dengan uji termal / Krisnanto Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Krisnanto Wibisono 2010. Rekayasa Papan Partikel Sabut Kelapa dan pelepah pisang sebagai lapisan laminasi dengan uji termal. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedya Djatmika S.T. M.T. (II) Drs. Adjib Karjanto S.T. M.T. Kata kunci papan partikel sabut kelapa uji termal. Kayu merupakan bahan bangunan yang memiliki sifat khusus karena sifat atau karakteristiknya yang unik sehingga bahan tersebut banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari mulai dari furnitur sampai dengan konstruksi bangunan. Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan kebutuhan akan kayu meningkat sebagai konsekuensinya terjadi peningkatan limbah. Dengan adanya hal tersebut maka penumpukan limbah menjadi semakin besar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dengan memanfaatkan limbah berupa serbuk kayu menjadi produk yang bermanfaat. Salah satu peluang yang dapat dikembangkan adalah mengolahnya menjadi papan partikel. Papan partikel ini terbuat dari serbuk gergaji kayu yang didapatkan dari limbah industri kayu didesa Junrejo-Batu Jawa Timur. Sabut kelapa berasal dari pasar tradisonal kota Malang. Perekat yang digunakan adalah Urea formaldehida dan NH4Cl. Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data sifat fisik (kerapatan kadar air dan daya serap air) dan sifat mekanik (kuat lentur) dari campuran serbuk gergaji kayu dengan bahan tambahan sabut kelapa. Acuan yang digunakan dalam pengujian sifat fisik (kerapatan kadar air daya serap air) dan sifat mekanik (kuat lentur) papan partikel yaitu SNI 03-2105-2006 5. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan hasil pengujian kerapatan nilainya adalah 0 525-0 597 gr/cm menurut standar SNI 03-2105-2006 5 yaitu 0 4 0 9 gr/cm3 sedangkan menurut standar FAO hasil kerapatan tersebut termasuk dalam tipe sedang yaitu antara 0 40-0 80 gr/cm . Pada pengujian kadar air dihasilkan kadar air kesetimbangan yaitu 11 31-13 32% yang telah memenuhi SNI-03-2105-2006 yang menyatakan bahwa kadar air papan partikel tidak boleh lebih dari 14%. Sedangkan pada pengujian daya serap air nilainya adalah 83 027-110 215% hasil tersebut tidak memenuhi standar FAO yaitu 20-75%. Pada hasil pengujian ketahanan termal nilainya adalah 0 03475-0 04458 0C. Dalam pengujian fisik papan partikel B lebih baik dan lebih stabil sedangkan dalam pengujian ketahanan termal papan partikel D paling tinggi ketahanan termalnya. Dari hasil penelitian ini perlu dilakukan penelitian dari pengujian yang lain atau segi akustik yaitu sebagai peredam suara akan tetapi dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44087

Actions (login required)

View Item View Item