Analisis kebutuhan lahan parkir pengguna sepeda motor pada RSUD Soedarsono Kota Pasuruan / Luqman Cahyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kebutuhan lahan parkir pengguna sepeda motor pada RSUD Soedarsono Kota Pasuruan / Luqman Cahyono

Cahyono, Luqman (2014) Analisis kebutuhan lahan parkir pengguna sepeda motor pada RSUD Soedarsono Kota Pasuruan / Luqman Cahyono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyono Luqman. 2013. Analisis Kebutuhan Lahan Parkir Pengguna Sepeda Motor Pada RSUD Soedarsono Kota Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci analisis kebutuhan lahan parkir sepeda motor RSUD Soedarsono merupakan satu satunya rumah sakit dikota Pasuruan seiring dengan hal tersebut maka menyebabkan meningkatnya jumlah pengunjung khususnya sepeda motor. Beberapa waktu RSUD Soedarsono pernah mengalami kepadatan jumlah kendaraan parkir khususnya sepeda motor. Kepadatan itu ditandai dari parkir sepeda motor tidak pada tempat yang semula dibuatkan pihak rumah sakit kemudian terjadinya parkir yang menumpuk tanpa mengindahkan jarak satuan ruang parkir antar sepeda motor yakni 0 75 m x 2 00 m. Kebutuhan lahan parkir untuk pengunjung khususnya sepeda motor di RSUD Soedarsono dipengaruhi 2 hal yaitu 1) Pengguna parkir pengunjung rumah sakit yang memang tujuannya untuk keperluan ke rumah sakit 2) Pengguna parkir non pengunjung rumah sakit yang datang sengaja menitipkan kendaraannya guna keperluan selain ke rumah sakit diantaranya keperluan seperti keluar kota ke kantor atau bekerja diperusahaan luar kota pasuruan dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir sepeda motor yang ada di RSUD Soedarsono dan untuk mengetahui kebutuhan ruang parkir sepeda motor di RSUD Soedarsono saat ini. Pengambilan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan mencatat plat nomor sepeda motor yang masuk dan keluar beserta waktunya serta menanyai langsung keperluan pengunjung parkir RSUD Soedarsono. Penelitian ini dilaksanakan selama semingggu sedangkan pengambilan sampelnya selama sehari 24 jam yaitu mulai pukul 06.00-06.00 WIB. Hasil penelitian ini menunjukan (1) kondisi parkir Pengunjung di RSUD Soedarsono dari jumlah volume kendaraan masuk sebesar 3353 kendaraan terdapat sebesar 2917 kendaraan yang merupakan pengguna parkir pengunjung dan sisanya sebesar 436 kendaraan yang merupakan pengguna parkir non pengunjung (2) volume kendaraan tertinggi pada hari kamis sebesar 613 kendaraan (3) akumulasi parkir tertinggi pada hari kamis sebesar 340 kendaraan (4) durasi parkir tertinggi pada kisaran waktu antara 120 180 menit (5) angka pergantian parkir rata-rata sebesar 1 79 kend/petak parkir (6) indeks parkir rata-rata sebesar 107 54%. Maka disarankan untuk menambah luasan lahan parkir atau membuat lagi 1 tempat parkir baru dengan ukuran 110 m2 mengingat masih terdapat lahan kosong yang bisa digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44060

Actions (login required)

View Item View Item