Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggambar bangunan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa XI TGB SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Eka Putri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggambar bangunan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa XI TGB SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Eka Putri Rahayu

Rahayu, Eka Putri (2013) Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar menggambar bangunan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa XI TGB SMK Negeri 1 Glagah Banyuwangi / Eka Putri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayu Eka Putri. 2013. Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Menggambar Bangunan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa XI TGB SMKN 1 Glagah Banyuwangi Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. (2) Drs. Wahyo Hendarto Yoh M.T. Kata kunci pembelajaran Problem Based Learning Motivasi dan Prestasi Belajar 12288 12288 12288 12288 Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan perbaikan proses pembelajaran. Peningkatan mutu siswa dapat dilihat pada tingkat prestasi belajar siswa sedangkan tingkat prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar. Motivasi dan prestasi belajar siswa yang kurang pada siswa SMKN 1 Glagah Banyuwangi adalah latar belakang perlu diadakannya penelitian ini. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan pada siswa XI TGB SMKN 1 Glagah Banyuwangi (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI TGB SMKN 1 Glagah Banyuwangi setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI TGB SMKN 1 Glagah Banyuwangi setelah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan analisis data diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan dokumentasi observasi tugas dan catatan lapangan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian (1) Penerapan pembelajaran Problem Based Learning pada mata diklat menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran (2) Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada rata rata indikator motivasi siklus I didapat skor 72 60. Pada siklus II menjadi 83 51 sehingga didapat prosentase kenaikan indikator motivasi pada siklus I ke siklus II sebesar 10 91%. Pada siklus III skor rata rata indikator motivasi sebesar 85 02 sehingga prosentase kenaikan rata rata indikator motivasi sebesar 1 51% (3) Pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran menggambar konstruksi lantai dan dinding bangunan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada siklus I prosentase siswa yang lulus 83% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan prosentase sebesar 3%. Pada sikus III prosentase siswa yang lulus yaitu 97%. Pada siklus II ke siklus III terjadi peningkatan sebesar 11%. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai alternatif pembelajaran karena terbukti mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI TGB SMKN 1 Glagah Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44043

Actions (login required)

View Item View Item