Implementasi ranah afektif dalam RPP serta pelaksanaannya oleh guru otomotif SMK Negeri se-Malang Raya, / Hamdani Krom - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi ranah afektif dalam RPP serta pelaksanaannya oleh guru otomotif SMK Negeri se-Malang Raya, / Hamdani Krom

Krom, Hamdani (2011) Implementasi ranah afektif dalam RPP serta pelaksanaannya oleh guru otomotif SMK Negeri se-Malang Raya, / Hamdani Krom. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Ranah Afektif Implementasi Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan rancangan penelitian menggunakan survey lapangan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari SMK Negeri 12 Malang SMK Negeri 6 Malang SMK Negeri 1 Kepanjen pada program keahlian Otomotif mata pelajaran produktif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 29 09% guru yang mengumpulkan RPP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 0% guru yang mencantumkan tidak adanya guru yang mencantumkan ranah afektif ini dikarenakan belum sepenuhnya guru mengetahui tentang perananan ranah afektif dalam RPP serta belum adanya pelatihan secara kusus mengenai pembuatan RPP. Hal ini juga dampak dari tidak adanya supervisi pendidikan secara baik yang dilaksanakan oleh sekolah selama ini terbatas pada intruksional belum ada penanganan secara benar. Padahal tujuan dari implementasi ranah afektif dalam RPP serta pelaksanaannya ini adalah membentuk sikap siswa sesuai dengan bidang pekerjaannya dan karakter terhadap soft skill yang dimiliki melalui implementasi ranah afektif dalam RPP serta pelaksanaannya yang disusun dan diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.Tanggapan guru terhadap implementasi ranah afektif pada proses pembelajaran dapat disimpulkan berdasarkan wawancara yang dilampirkan bahwa aspek afektif meliputi sportif disiplin tanggung jawab kerjasama percaya diri dan kejujuran merupakan hal penting dalam membentuk karakter siswa. Sedangkan dalam pelaksanaannya berupa pencantuman ranah afektif didalam RPP guru belum mencantumkan hal ini dibuktikan dengan 0% guru yang mencantumkan ranah afektif berdasarkan KTSP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43158

Actions (login required)

View Item View Item