Analisis kualitas pembelajaran mata diklat motor otomotif bidang engine sepeda motor otomotif bidang engine sepeda motor di kelas X reguler SMK PGRI 3 Malang / Aditya Sukma Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kualitas pembelajaran mata diklat motor otomotif bidang engine sepeda motor otomotif bidang engine sepeda motor di kelas X reguler SMK PGRI 3 Malang / Aditya Sukma Wijaya

Wijaya, Aditya Sukma (2011) Analisis kualitas pembelajaran mata diklat motor otomotif bidang engine sepeda motor otomotif bidang engine sepeda motor di kelas X reguler SMK PGRI 3 Malang / Aditya Sukma Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Analisis Kualitas Pembelajaran Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ciri abad sekarang atau millennium ketiga. Hal ini memberikan pengaruh yang sangat besar kepada tatanan kehidupan manusia baik secara individu maupun bangsa secara keseluruhan. Bagaimanapun ini adalah suatu tantangan yang harus dihadapi dan salah satu upaya yang harus dilakukan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Diyakini banyak pihak bahwa meningkatkan SDM salah satu hal yang harus dibenahi ialah mutu atau kualitas pendidikan. Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas pendidikan maka pemerintah bersama pihak swasta berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui pengembangan perbaikan kurikulum sistem evaluasi perbaikan sarana pendidikan pengadaan materi ajar pelatihan bagi guru dan tenaga pendidikan lainnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka didirikanlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan tingkat menengah bertujuan untuk menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan keterampilan sikap dan akhlak mulia serta memiliki kompetensi yang berstandar nasional dan global. Di SMK siswa akan diberikan berbagai macam pelajaran salah satunya pelajaran produktif terdiri dari (1) Pembacaan dan pemahaman gambar teknik (2) Pemeliharaan/service sistem hidrolik (3) Penggunaan dan pemeliharaan alat ukur (4) Pengujian pemeliharaan/servis dan penggantian baterai (5) Perbaikan ringan pada rangkaian/sistem kelistrikan (6) Perbaikan sistem pengapian (7) Pemeliharaan/service engine sepeda motor dan lain-lain. Untuk membentuk lulusan yang berkualitas dan kompeten dibidangnya maka banyak faktor yang harus diperhatikan yaitu analisis kualitas pembelajaran. Analisis kualitas pembelajaran ini terdiri dari perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Selain itu terdapat faktor lain yang menjadi pendukung kegiatan belajar mengajar yaitu fasilitas dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Reguler di SMK PGRI 3 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan) interview (wawancara) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data) Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas perencanaan pembelajaran mata diklat motor otomotif bidang engine sepeda motor di kelas X regular SMK PGRI 3 Malang penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran telah disusun secara sistematis berdasarkan pada silabus yang ada dan berdasarkan standar kompetensi mata pelajaran serta komptensi dasar yang telah ditetapkan secara nasional. Sedangkan kualitas pelaksanaan pembelajarannya sudah baik dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa melalui kegiatan observasi yang telah dianalisis oleh peneliti dan mendapatkan hasil yang bisa diartikan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran juga sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dan telah disetujui oleh kepala bidang. Kualitas evaluasi belajar juga dikatakan baik karena guru telah melaksanakan tiga tahap untuk melakukan proses evaluasi yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap pengolahan hasil evaluasi sedangkan aspek yang dinilai ada tiga ranah yaitu ranah kognitif afektif psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Kepada Kepala SMK PGRI 3 Malang untuk melakukan pelatihan bagi guru dan mengembangkan materi diklat produktif agar siswa lebih mendapatkan skill yang nantinya dapat digunakan pada saat siswa telah lulus dari SMK (2) Kepada Guru SMK PGRI 3 Malang untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajarannya dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran yang bervariasi karena siswa akan lebih termotivasi untuk belajar sehingga ilmu yang diberikan mudah untuk diserap oleh siswa dan (3) Kepada peneliti-peneliti Lain agar bisa melakukan penelitian yang juga fokus dalam menganalisis kualitas strategi pembelajaran pada jurusan SMK yang sama atau meneliti pada jurusan yang berbeda dan peneliti hendaknya dapat mengalokasikan waktu yang sesuai untuk menganalisis strategi pembelajaran dikarenakan terdapat tiga komponen utama yang harus diamati yaitu perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43113

Actions (login required)

View Item View Item