Analisis sifat mekanik dan permeabilitas sirtu mas dan bentonit sebagai material pengikat pada sand casting / Muzayyin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sifat mekanik dan permeabilitas sirtu mas dan bentonit sebagai material pengikat pada sand casting / Muzayyin

Muzayyin (2018) Analisis sifat mekanik dan permeabilitas sirtu mas dan bentonit sebagai material pengikat pada sand casting / Muzayyin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Muzayyin. 2017. Analisis Sifat Mekanik dan Permeabilitas Sirtu Mas dan Bentonit sebagai Material Pengikat pada Sand Casting. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Rr. Poppy Puspitasari S.Pd. M.T. Ph.D. (II) Drs. Yuni Sunarto M.Pd. Kata Kunci pasir cetak sifat mekanik permeabilitas sirtu mas bentonit Bentonit digunakan sebagai bahan pengikat pada pembuatan cetakan pasir karena mempunyai sifat-sifat yang diperlukan yaitu menghasilkan daya ikat yang tinggi menjadi liat bila basah sehingga akan memudahkan dalam pembentukan pada proses pembuatan cetakan menjadi keras setelah dikeringkan. Sedangkan pasir batu asal Sampang Madura yang lebih dikenal sebagai Sirtu Mas yang berasal dari gunung Maddah atau bukit tinggi di Sampang Madura memiliki empat lapis berdasarkan warna dan kekerasannya yang selama ini masih digunakan untuk bahan campuran adonan semen bagunan timbukan pondasi bangunan dan jalan sehingga diasumsikan mampu menjadi bahan tambah pengikat pada campuran pasir cetak dalam pengecoran logam. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat-sifat dari pasir cetak dengan melakukan pengujian kekuatan mekanik yang meliputi uji kekuatan tekan uji kekuatan tarik dan uji kekuatan geser dan pengujian permeabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian one shot case study yaitu obyek penelitian mendapatkan perlakuan kemudian diuji. Statistik yang digunakan deskriptif. Pada hasil pengujian sifat mekanik sand casting pada kondisi basah dan kering menunjukkan sifat mekanik pada pasir cetak sangat meningkat dalam kondisi kering seperti halnya pasir cetak dengan komposisi Pasir Silika 85% bentonit 5% Sirtu Mas Lapis kedua 5% dan air 5% pada kondisi basah memiliki kekuatan tekan mencapai 3 5 N/Cm2 dan meningkat pada kondisi kering sampai 28 23 N/Cm2 kekuatan geser pada kondisi basah sebesar 2 17 N/Cm2 dan pada kondisi kering meningkat sampai dengan 7 47 N/Cm2 dan pada kekuatan tarik pasir cetak pada kondisi basah sebesar 0 54N/Cm2 dan meningkat pada kondisi kering sampai dengan 0 83 N/Cm2 Perbedaan dari hasil pengujian pasir cetak tersebut membuktikan bahwa dalam keadaan kering sifat mekanik dari pasir cetak dengan komposisi Pasir Silika 85% bentonit 5% Sirtu Mas Lapis kedua 5% dan air 5% pada kondisi kering lebih baik untuk digunakan jika dibandingkan pada kondisi basah. Pada hasil uji permeabiltas menunjukan bahwa pasir cetak dengan perlakuan dipanaskan 110 C selama 60 menit menghasilkan permeabilitas sebesar 260 ml/menit pada pasir cetak dengan komposisi Pasir Silika 85% bentonit 10% dan air 5% sedangakan pasir cetak dengan bahan tambah sirtu mas nilai permeabilitas tertinggi terdapat pada komposisi Pasir Silika 85% bentonit 5% Sirtu Mas Lapis keempat 5% dan air 5% sebesar 205 ml/menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42710

Actions (login required)

View Item View Item