Pengembangan modul pembelajaran perangkat lunak presentasi untuk guru di SDN Lowokwaru 3 Malang / Sisilia Luciana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran perangkat lunak presentasi untuk guru di SDN Lowokwaru 3 Malang / Sisilia Luciana

Luciana, Sisilia (2013) Pengembangan modul pembelajaran perangkat lunak presentasi untuk guru di SDN Lowokwaru 3 Malang / Sisilia Luciana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan modul pembelajaran dan perangkat lunak presentasi Proses belajar sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pembelajar. Pada pembelajaran diperlukan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk membuat pembelajaran lebih aktif. Guru dalam pembelajaran dikelas belum bisa menggunakan fasilitas yang ada contohnya komputer / laptop dikarenakan kemampuan guru untuk membuat media presentasi masih sangat rendah. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru membangkitkan motivasi dalam kegiatan belajar. Modul pembelajaran perangkat lunak presentasi ini membantu guru dalam menggunakan media komputer sebagai media yang membantu dalam proses mengajar dikelas. Produk modul pembelajaran ini dikembangkan dan diuji coba di SDN Lowokwaru 3 Malang. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk modul pembelajaran yang layak untuk pembelajaran bagi guru dan agar guru bisa langsung menerapkannya dalam pembelajaran didalam kelas. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg dan Gall yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan (1) Research and information collecting (2) Planning (3) Develop preliminary form of product (4) Preliminary field testing (5) Main product revision (6) Main field testing (7) Operational product revision (8) Operational field testing (9) Final product revision. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan ini berupa angket yang disebarkan kepada satu ahli media satu ahli materi uji kelopok kecil dan uji lapangan dengan 10 orang guru. Hasil validasi isi terhadap kelayakan modul pembelajaran ini menunjukkan hasil yang valid dengan perhitungan skor dari validasi ahli media 83 3% validasi ahli materi 90% uji coba perorangan 88 3% dan uji coba kelompok kecil 96% uji lapangan (95 %). Hasil pengembangan modul pembelajaran telah direvisi meliputi (1) background cover lebih dispesifik (2) menambahkan nama lembaga pada cover modul (3) mengubah tulisan judul sub bab materi warna hijau diganti dengan warna hitam. Saran pengembangan dikembangkan dengan materi-materi lain sesuai karakteristik bidang studinya dan mengikuti prosedur pengembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item