Pengaruh CSR disclosure, capital intensity dan kompensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi (studi empiris pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017) / Wilujeng Dwi Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh CSR disclosure, capital intensity dan kompensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi (studi empiris pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017) / Wilujeng Dwi Lestari

Lestari, Wilujeng Dwi (2019) Pengaruh CSR disclosure, capital intensity dan kompensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi (studi empiris pada perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017) / Wilujeng Dwi Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lestari Wilujeng Dwi. 2019. Pengaruh CSR Disclosure Capital Intensity dan Kompensasi Rugi Fiskal Terhadap Agresivitas Pajak dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Bapak Dr. H. Tuhardjo S.E. M. Si Ak. Kata kunci CSR disclosure capital intensity kompensasi rugi fiskal ukuran perusahaan agresivitas pajak Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh CSR disclosure capital intensity dan kompensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Agresivitas pajak adalah perilaku penghindaran pajak agresif yang ditujukan untuk meminimumkan beban pajak perusahaan. Faktor yang dapat mempengaruhi tindakan agresivitas pajak adalah tingkat CSR disclosure capital intensity dan kompensasi rugi fiskal serta ukuran perusahaan. Teori legitimasi bahwa perusahaan harus meyakinkan masyarakat jika operasinya tidak melanggar norma-norma masyarakat. Teori stakeholder menyatakan pentingnya perusahaan dalam memberikan manfaat secara adil bagi stakeholder. Serta teori agensi bahwa setiap individu akan melakukan tindakan jika tindakan tersebut dapat menguntungkan dirinya sendiri sehingga mengakibatkan munculnya kontrak kepentingan antara pihak principal dengan pihak agen. Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2017. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan dari 35 perusahaan yang terdaftar terdapat 22 perusahaan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Total sampel yang digunakan adalah 66 pooled data. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Moderated Regression Analysis dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR disclosure berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Capital intensity tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Kompensasi rugi fiskal berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. Ukuran perusahaan tidak mampu memperkuat hubungan CSR disclosure terhadap agresivitas pajak ukuran perusahaan tidak mampu memperkuat hubungan capital intensity terhadap agresivitas pajak dan ukuran perusahaan tidak mampu memperkuat hubungan kompensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak. Saran peneliti yaitu (1) Bagi perusahaan berhati-hati dalam mengambil keputusan karena dapat membentuk persepsi buruk stakeholder kepada perusahaan (2) Bagi investor berhati-hati dalam pengambilan keputusan investasi (3) Bagi Direktorat Jenderal Pajak memperjelas dan mengembangkan kebijakan dan regulasinya untuk mengurangi celah perusahaan dalam melakukan tindakan agresivitas pajak (4) Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan jenis sektor industri lain dengan periode yang lebih panjang menambahkan variabel lain baik independen moderasi mediasi maupun variabel kontrol yang kemungkinan dapat mempengaruhi tindakan agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37617

Actions (login required)

View Item View Item