Kajian fenomenologi tentang Personal Finance Management pada Hallyu Wave Fandom Army BTS Kota Malang / Irma Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian fenomenologi tentang Personal Finance Management pada Hallyu Wave Fandom Army BTS Kota Malang / Irma Kurniasari

Kurniasari, Irma (2018) Kajian fenomenologi tentang Personal Finance Management pada Hallyu Wave Fandom Army BTS Kota Malang / Irma Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kurniasari Irma. 2018. Kajian Fenomenologi Tentang Personal Finance Management Pada Hallyu Wave Fandom Army BTS Kota Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Puji Handayati S.E M.M Ak CA CMA CSRS Kata Kunci personal finance management hallyu wave army BTS Kota Malang Globalisasi memberikan dampak terhadap penyebaran budaya yang menghilangkan batasan antar negara. Mudahnya persebaran didukung oleh teknologi informasi dan komuniaksi yang semakin pesat di era ini. Hallyu wave sebagai bentuk globalisasi dari Korea Selatan tengah menjadi fenomena menarik untuk dikaji sebab menimbulkan fanatisme dari generasi millennials di Indonesia yang tergabung dalam fandom ARMY BTS. Fanatisme ini ditunjukkan dengan perilaku yang mengikuti tren Korea Selatan dan melakukan pembelian berbagai atribut penggemar yang menimpulkan perilaku konsumtif. Sebagai seorang mahasiswa tentunya kebutuhan kuliah serta kebutuhan pokok sehari-hari harus tercukupi dengan baik sedangkan tingginya minat dan antusiasme akibat bentuk loyalitas membuat informan perlu melaksanakan personal finance management untuk menghindarkan dari permasalahan keuangan. Akibat adanya hallyu wave tentunya membedakan makna personal finance management yang dilaksanakan oleh fandom ARMY BTS dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Cara Informan memaknai dan merespon pengalamannya terkait Personal Finance Management (2) Bentuk Loyalitas Penggemar pada Chyper Army Malang membentuk realitas Personal Finance Management.Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi transendental yang memberikan tafsiran mengenai sebuah fenomena dan menggali sebuh makna dari sesuatu hal dibalik yang tampak. Informan dalam penelitian ini adalah anggota dari Chyper Army BTS Kota Malang yang berjumlah 6 informan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Masuknya Hallyu wave membuat Personal finance management dimakanai sebagai bentuk pertanggungjawaban sebagai konsekuensi atas minatnya terhadap BTS yang dilakukan dengan upaya mengumpulkan dana memanfaatkan dana mendistribusikan dana yang ditempuh dengan menggunakan cara rasional (2) Loyalitas penggemar membentuk kedisiplinan dalam mengatur keuangannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37482

Actions (login required)

View Item View Item