Dampak program adiwiyata pada pembelajaran akuntansi di SMAN 7 Malang dan SMAN 8 Malang / Kurniawan Fajar Alkautsar - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak program adiwiyata pada pembelajaran akuntansi di SMAN 7 Malang dan SMAN 8 Malang / Kurniawan Fajar Alkautsar

Alkautsar, Kurniawan Fajar (2019) Dampak program adiwiyata pada pembelajaran akuntansi di SMAN 7 Malang dan SMAN 8 Malang / Kurniawan Fajar Alkautsar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Alkautsar Kurniawan Fajar.2018. Dampak Program Adiwiyata pada Pembelajaran Akuntansi di SMAN 7 Malang dan SMAN 8 Malang.Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci Program Adiwiyata Adiwiyata Pembelajaran Pembelajaran Akuntansi Program Adiwiyata merupakan upaya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perlindungan dan pengolaan lingkungan hidup melalui dunia pendidikan. Pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditunjukan sebagai kompetisi atau lomba. Penghargaan yang diberikan diwujudkan sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah-sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar dan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penyampaian materi mata pelajaran akuntansi merupakan upaya yang dilakukan dalam rangka mengarahkan sikap dan perilaku siswa sehingga dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dengan efisien dan memperhatikan kelestarian lingkungan. Apabila siswa sudah memahami dan mengerti tentang konsep keseimbangan lingkungan maka akan menghasilkan generasi masa depan yang peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatifdengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru akuntansi dan pembina Adiwiyata di SMAN 7 Malang dan SMAN 8 Malang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dampak program Adiwiyata di sekolah meliputi pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan pengembangan kurikulum berbasis lingkungan pengembangan kegiatan berbasis partisipatif pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah. Dalam pengembangan kurikulum berbasis lingkungan tidak semua materi dalam pelajaran akuntansi dapat dikaitkan dengan program Adiwiyata. Dampak program Adiwiyata terhadap pembelajaran akuntansi dimulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Dalam materi pembelajaran ada yang berkaitan dengan dengan lingkungan dalam pelaksanaan pembelajaran siswa mendapat pengalaman langsung dan guru dapat melakukan penilaian autentik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program Adiwiyata maka pembelajaran akuntansi dapat melibatkan siswa secara penuh untuk mempelajari memahami materi dan menghubungkan dengan lingkungan sekitar siswa sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan mereka. Hal ini sesuai dengan teori pembelajaran kontekstual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35249

Actions (login required)

View Item View Item