Analisis keterampilan dasar mengajar guru akuntansi dalam perspektif teori konstruktivisme / Rhenita Dwi Kartikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis keterampilan dasar mengajar guru akuntansi dalam perspektif teori konstruktivisme / Rhenita Dwi Kartikasari

Kartikasari, Rhenita Dwi (2019) Analisis keterampilan dasar mengajar guru akuntansi dalam perspektif teori konstruktivisme / Rhenita Dwi Kartikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Kartikasari Rhenita Dwi. 2018. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Akuntansi dalam Perspektif Teori Konstruktivisme. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd M.Si Ak. CA Kata Kunci Konstruktivisme Keterampilan Membuka Pelajaran Keterampilan Menutup Pelajaran Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang mampu membuat siswa terlibat langsung dalam sebuah pembelajaran. Kurikulum saat ini menuntut proses pembelajaran dimana siswa diharapkan berperan leih aktif selama proses pembelajaran. Proses pembelajaran berada ditangan siswa guru sebagai fasilitator. Bruning et al (dalam Schunk 2012 320) menjelaskan konstruktivisme adalah perspektif psikologis dan filosofis yang memandang bahwa masing-masing individu membentuk atau membangun sebagian besar dari apa yang mereka pelajari dan pahami. Dalam proses pembelajaran pengetahuan tidak begitu saja di transfer dari guru ke siswa dalam bentuk tertentu melainkan siswa membentuk sendiri pengetahuan itu dalam pikirannya masing-masing sehingga pengetahuan tentang sesuatu dipahami secara berbeda-beda oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru tentang teori konstruktivisme dalam pembelajaran (2) untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru akuntansi tentang keterampilan dasar mengajar (3) untuk mengetahui pengetahuan dan pemahaman guru akuntansi tentang keterampilan membuka dan menutup pelajaran (4) Untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan membuka dan menutup pelajaran yang telah dimiliki guru akuntansi di SMKN 2 Kediri selama proses pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa cara yaitu wawancara observasi dan studi dokumentasi. Langkah untuk memperoleh kesimpulan yang tepat dalam penelitian kualitatif adalah dengan cara pengecekan keabsahan temuan. Berdasarkan hasil wawancara guru akuntansi SMKN 2 Kediri guru mengartikan konstruktivisme sebagai teori belajar yang menekankan keaktifan siswa. Keaktifan siswa adalah cara untuk membangun atau mengkontruksi pengetahuan siswa. Peran guru tidak lagi menjadi sentral dalam proses pembelajaran namun berubah sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses pengkonstruksian pengetahuan. Dalam pelaksanaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru akuntansi telah memenuhi sebagian komponen yang ada. Pelaksanaan tersebut juga telah sesuai dengan perspektif konstruktivisme.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35245

Actions (login required)

View Item View Item