Analisis pelaksanaan praktik keguruan mahasiswa ditinjau dari aspek kecerdasan emosional / Barokah Eka Pambudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pelaksanaan praktik keguruan mahasiswa ditinjau dari aspek kecerdasan emosional / Barokah Eka Pambudi

Pambudi, Barokah Eka (2019) Analisis pelaksanaan praktik keguruan mahasiswa ditinjau dari aspek kecerdasan emosional / Barokah Eka Pambudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Eka Pambudi Barokah. 2018. Analisi Pelaksanaan Praktik Keguruan Ditinjau Dari Aspek Kecerdasan Emosional. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto S.Pd M.Ed. Kata Kunci Praktik Keguruan Kecerdasan Emosional. Praktik Keguruan merupakan salah satu mata kuliah wajib mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Malang. Dalam pelaksanaan praktik keguruan mahasiswa berperan sebagai guru praktik guna mendidik siswa di sekolah. Skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah kasus dimana terdapat beberapa mahasiswa yang menjadi guru praktik tidak berminat mengajar di kelas kesulitan selama penyampaian matari pembelajaran kesulitan mengondisikan kelas kesulitan dalam berkomunkasi dengan siswa bahkan terdapat mahasiswa yang memiliki hubungan kurang harmonis dengan muridnya. Oleh karena itu Penelitian ini ditunjukkan kepada Mahasiswa X mahasiswa Y dan Mahasiswa Z program studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah Analisis Kesulitan Pelaksanaan Praktik Keguruan ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Penelitia ini bertujuan untuk menganalisis dampak rendahnya kecerdasan emosional mahasiswa terhadap kesulitan selama pelaksanaan praktik keguruan di sekolah. Menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di lingkungan mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Malang. Pengumpulan data menggunakan Obseravasi wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa awal rendahnya tingkat kecerdasan emosional mahasiswa X mahasiswa Y dan mahasiswa Z disebabkan oleh faktor eksternal yaitu didikan orang tua dan interaksi dengan teman sebaya. Kemudian berimbas kepada faktor internal tiap-tiap mahasiswa. Akibat rendahnya kecerdasan emosional ketiga mahasiswa tersebut selama menjadi guru praktik selama pelaksaaan praktik keguruan adalah pertama tidak memiliki modal awal sebelum mengajar di sekolah sebab mereka tidak melakukan persiapan karena merasa tidak berminat menjadi guru dan rendahnya rasa bertanggung jawab. Kedua terdapat perubahan pola mengajar yang semula baik menjadi asal-asalan sebab mahasiswa yang menjadi guru praktik larut dalam kekuasaan perasaan sehingga kurang berfikir rasional dan kurang dalam melakukan intropeksi diri. Ketiga pembelajaran menjadi monoton dan tidak mengasyikkan karena rendahnya motivasi dan inovasi. Keempat mahasiswa Y dan mahasiswa Z kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran dikarenakan rendahnya rasa percaya diri. Kelima pembelajaran menjadi kurang jelas dan mudah dipahami serta permasalahan dengan siswa tidak kunjung terselesaikan karena mahasiswa X mahasiswa Y dan mahasiswa Z belum mampu memahami siswa sekaligus rendah dalam berinterkasi dengan siswa. Oleh karena itu hubungan antara ketiga mahasiswa tersebut yang menjadi guru praktik dengan siswa tidak terjalin. Demikian seharusnya perlu diketahui bahwa pentingnya selalu melatih kecerdasan emosional untuk mahasiswa keguruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/35228

Actions (login required)

View Item View Item