Mayangsari, Aprilia Dwi (2023) Pengembangan e-lkpd berbasis etnomatematika kalimantan timur bagi kelas ix smp / Aprilia Dwi Mayangsari</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sumber belajar merupakan suatu media yang digunakan peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Seiring perkembangan zaman maka nilai budaya akan semakin tertinggal akibat pengaruh globalisasi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah kajian etnomatematika. Pembelajaran konvensional yang dilakukan oleh guru mengakibatkan minat peserta didik rendah sehingga peserta didik kurang aktif dalam penemuan konsep secara mandiri. Guru hanya menjelaskan konsep jadi berupa rumus matematika dan mengaplikasikannya dalam masalah matematika. Akibatnya peserta didik kurang mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur bagi kelas IX SMP yang valid praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur bagi kelas IX SMP menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap penelitian awal tahap pembuatan prototipe dan tahap penilaian. Tahap penelitian awal terdiri dari analisis kebutuhan analisis peserta didik analisis kurikulum dan meninjau literatur. Tahap pembuatan prototipe terdiri dari tahap penyusunan E-LKPD dan instrumen penelitian dan uji validitas instrumen. Tahap penilaian terdiri dari uji praktikalitas dan uji efektivitas E-LKPD. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX C dan guru matematika SMP Negeri 21 Samarinda. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi angket respon peserta didik dan guru lembar observasi aktivitas peserta didik dan guru dan tes masalah matematika. Teknik analisis data yang digunakan untuk menilai kelayakan terdiri dari uji validitas uji praktikalitas dan uji efektivitas. Berdasarkan hasil penelitian produk pengembangan E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur bagi kelas IX SMP melalui 3 tahap yaitu tahap preliminary research prototyping phase dan assessment phase. Selain itu diperoleh hasil produk pengembangan berupa E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur bagi kelas IX SMP dinyatakan sangat valid oleh validator ahli. Lembar validasi E-LKPD sangat valid modul ajar sangat valid alur tujuan pembelajaran sangat valid angket respon guru sangat valid angket respon peserta didik sangat valid lembar observasi aktivitas guru sangat valid lembar observasi aktivitas peserta didik sangat valid tes kemampuan awal peserta didik sangat valid dan tes penguasaan E-LKPD peserta didik sangat valid. Hasil angket respon guru pada uji kelompok besar memenuhi kriteria sangat praktis. Hasil angket respon peserta didik pada uji kelompok besar memenuhi kriteria sangat praktis. Aktivitas guru pada uji kelompok besar menunjukkan sangat baik. Aktivitas peserta didik pada uji kelompok besar menunjukkan sangat aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur bagi kelas IX SMP memenuhi sifat praktis. Persentase ketuntasan secara klasikal tes penguasaan E-LKPD Etnomatematika adalah 90 3%. Rata-rata nilai posttest adalah 86 52. Rata-rata nilai N-Gain yang diperoleh memenuhi kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur dikatakan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis etnomatematika Kalimantan Timur bagi kelas IX SMP memenuhi kriteria valid praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/346484 |
Actions (login required)
View Item |