Pengaruh Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016/2017-2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Wifya Yusdia Kusumah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016/2017-2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Wifya Yusdia Kusumah

Kusumah, Wifya Yusdia (2018) Pengaruh Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016/2017-2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Wifya Yusdia Kusumah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumah W.Y. 2018. Pengaruh Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Handphone Oppo (Studi pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Angkatan 2016/2017-2017/2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. Kata Kunci harga promosi citra merek loyalitas pelanggan. Perkembangan zaman membuat teknologi semakin berkembang karena menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini masyarakat menjadi sangat ketergantungan terhadap handphone hal tersebut yang membuat perusahaan smartphone harus benar-benar tepat dalam menentukan strategi untuk mencipatakan loyalitas pelanggan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui deskripsi dari harga promosi citra merek dan loyalitas pelanggan (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh harga promosi dan citra merek terhadap loyalitas pelanggan handphone Oppo secara parsial dan simultan (3) Untuk mengetahui variabel yang dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan handphone Oppo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah harga (X1) promosi (X2) dan citra merek (X3) sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah loyalitas pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa manajemen angkatan 2016/2017-2017/2018 yang menggunakan handphone Oppo lebih dari 6 bulan yang berjumlah 122 orang. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 97 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Skala dalam penelitian ini adalah menggunakan skala Likert dengan opsi jawaban yaitu Sangat Tidak Setuju Tidak Setuju Cukup Setuju Setuju dan Sangat Setuju. Jenis data dalam penelitian ini adalah data ordinal yang dirubah menjadi data interval terlebih dahulu dengan menggunakan MSI (Method of Succesive Interval). Uji kelayakan instrumen dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan teknik analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat pada titik-titik yang menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal (2) Model regresi tidak terjadi multikolinearitas yang terlihat pada nilai Tolerance 0 10 atau sama dengan nilai VIF 10 (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas yang dapat dilihat dari titik-titik pada gambar grafik Scatterplot yang menyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Hasil analisis statistik deskriptif yang telah dilakukan dalam penelitian ini menunjukan bahwa (1) Harga diklasifikasikan terjangkau (2) Promosi diklasifikasikan cukup baik (3) Citra merek diklasifikasikan baik (4) Loyalitas Pelanggan diklasifikasikan cukup tinggi. ii Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial harga dan promosi tidak berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan sedangkan citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Karena dari ketiga variabel bebas hanya satu variabel yang berpengaruh maka dilakukan daming. Dari hasil perhitungan daming menggunakan regresi linear sederhana hasilnya menunjukan bahwa pengaruh citra merek terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0 356 atau sebesar 35 6%. Secara simultan harga promosi dan citra merek berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 338 artinya 33 8% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel harga promosi dan citra merek sedangkan sisanya yaitu sebesar 66 2% adalah pengaruh dari variabel lain diluar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian yang didapatkan maka peneliti memberikan saran sebagai berikut (1) Perusahaan Oppo perlu memperhatikan lagi strategi penetapan harga agar harga Oppo lebih bervariasi sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan (2) Oppo perlu memaksimalkan lagi strategi promosinya untuk lebih memancing konsumen sehingga bisa menjadi pelanggan yang loyal (3) Semakin banyak pesaing maka Oppo harus memiliki strategi untuk mempertahankan citra mereknya agar tidak mudah digantikan oleh merek pesaing lainnya (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan seperti variabel loyalitas produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item