Pengembangan LKPD segiempat berdiferensiasi kemampuan argumentasi dan adversity quotient peserta didik / Zuhadur Ra\'is Ariyono Putra</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan LKPD segiempat berdiferensiasi kemampuan argumentasi dan adversity quotient peserta didik / Zuhadur Ra\'is Ariyono Putra</p>

Putra, Zuhadur Ra'is Ariyono (2023) Pengembangan LKPD segiempat berdiferensiasi kemampuan argumentasi dan adversity quotient peserta didik / Zuhadur Ra\'is Ariyono Putra</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adanya pengalaman pembelajaran daring di saat pandemi membuat terjadinya learning loss (hilangnya pengetahuan dan kemampuan peserta didik) dan keterbatasan peserta didik dalam berargumentasi langsung. LKPD yang digunakan oleh guru akan sangat berpengaruh dalam mengatasi permasalahan tersebut. Pengusungan konsep pembelajaran berdiferensiasi sejalan dengan visi kurikulum merdeka dalam mengakomodasi learning loss yang terjadi akibat pandemi. Salah satu topik yang dapat melatihkan kemampuan argumentasi peserta didik adalah materi segiempat. Penguasaan konsep segiempat dan struktur argumentasi harus dimiliki oleh peserta didik dengan baik karenanya diperlukan adanya pengembangan LKPD yang mengusung konsep pembelajaran berdiferensiasi dan dapat meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik melalui materi segiempat. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan LKPD segiempat berdiferensiasi adversity quotient dan kemampuan argumentasi peserta didik yang valid praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam pengembangan LKPD ini adalah (1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation dan (5) Evaluation. Hasil dari tiap tahapan diperbaiki melalui evaluasi untuk memastikan LKPD yang dikembangkan mencapai hasil yang optimal. LKPD yang dikembangkan mengakomodasi pembelajaran berdiferensiasi yang berfokus pada adversity quotient pada materi segiempat untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik. Pada tahap development LKPD divalidasi oleh ahli dan praktisi dengan hasil 83 8% dengan kategori sangat valid. Kemudian pada uji coba lapangan diperoleh hasil kepraktisan 91% dengan kategori sangat praktis serta diperoleh skor N-Gain 0 73 yang menunjukkan adanya peningkatan kuat antara pre test dan post test sehingga LKPD masuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa produk LKPD segiempat berdiferensiasi adversity quotient dan kemampuan argumentasi peserta didik yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/322752

Actions (login required)

View Item View Item