Nahdawiyah, Saidah Ajilatun (2023) Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM) numerasi / Saidah Ajilatun Nahdawiyah</p>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) numerasi dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam berpikir menggunakan konsep dan prosedur dalam menggunakan fakta dan alat matematika. Siswa dengan numerasi yang tinggi akan mudah dalam menyelesaikan soal AKM numerasi dengan baik. Pada kenyataannya laporan hasil AKM tahun 2021 menunjukkan bahwa rata-rata nilai untuk numerasi di Indonesia belum mencapai kompetensi minimum. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal matematika adalah proses berpikir. Mengetahui proses berpikir siswa menjadi hal penting bagi guru karena dapat mengetahui letak dan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan yang dilakukan siswa tersebut dapat dijadikan sumber informasi belajar dan pemahaman bagi siswa itu sendiri. Pada penelitian ini untuk melihat proses berpikir siswa peneliti mengacu pada tahapan proses berpikir Teori Mason yaitu entry attack dan review. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk menelusuri proses berpikir siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal AKM numerasi berdasarkan tahap proses berpikir Teori Mason. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang mana data yang dikumpulkan bersifat dekriptif penjelasan secara rinci terhadap proses berpikir siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa kelas VIII di SMPN 1 Prajekan yang terdiri dari dua siswa dari masing-masing kategori kemampuan matematis tinggi sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes proses berpikir yang berupa dua soal AKM numerasi yaitu uraian dan pilihan ganda kompleks serta pedoman wawancara yang bersifat tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan dua soal AKM numerasi yang diberikan siswa kelas VIII di SMPN 1 Prajekan dengan kemampuan matematis tinggi telah melewati semua tahap proses berpikir dengan memenuhi semua aspeknya. Siswa dengan kemampuan matematis sedang telah melewati semua tahap proses berpikir namun belum memenuhi semua aspeknya. Siswa dengan kemampuan matematis rendah hanya melewati dua tahap pertama pada proses berpikir dan belum memenuhi semua aspeknya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/322741 |
Actions (login required)
View Item |