Pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan pelanggan (studi pada Minimarket Rubelan ABC Malang) / Daniel Aprilian Ananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan pelanggan (studi pada Minimarket Rubelan ABC Malang) / Daniel Aprilian Ananta

Ananta, Daniel Aprilian (2015) Pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan pelanggan (studi pada Minimarket Rubelan ABC Malang) / Daniel Aprilian Ananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ananta D. A. 2015. Pengaruh Bauran Ritel terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Minimarket Rubelan ABC Malang). Skripsi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. I Wayan Jaman Adi Putra M.Si. (II) Afwan Hariri Agus Prohimi S.E. M.M. Kata kunci bauran ritel kepuasan pelanggan merchandising Perkembangan zaman dan pertumbuhan penduduk yang semakin tinggi menyebabkan kebutuhan akan barang dan jasa semakin banyak. Hal tersebut menyebabkan persaingan bisnis khususnya bisnis ritel semakin ketat tidak terkecuali minimarket Rubelan ABC. Pada saat ini masyarakat memandang bisnis ritel tidak hanya menjual barang atau jasa melainkan juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang baik untuk kenyamanan kepada konsumen atau pelanggan dalam berbelanja. Hal itu yang menyebabkan Rubelan ABC sangat memperhatikan aspek bauran ritel dalam memberikan kepuasan kepada konsumen atau pelanggannya. Berkaitan dengan hal itu maka perlu dilakukan kajian teoritis dan empiris tentang bauran ritel dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) deskripsi tentang bauran ritel dan kepuasan pelanggan Rubelan ABC 2) besarnya pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan pelanggan Rubelan ABC secara parsial dan simultan dan 3) variabel bauran ritel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan Rubelan ABC. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif untuk menjawab pernyataan di atas. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu 1) kuesioner yang disebarkan secara teknik random sampling pada 160 responden 2) wawancara pada manajer toko 3) observasi dan 4) data sekunder yang diambil dari literatur. Kemudian data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik analisis regresi linear berganda analisis hipotesis koefisien determinasi dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil uji simultan menunjukkan bahwa bauran ritel (X) berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Rubelan ABC. Kemudian hasil uji parsial pada penelitian ini menunjukkan merchandising (X1) dan store atmosphere (X6) masing-masing tidak signifikan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan (Y) Rubelan ABC sedangkan price (X2) place (X3) marketing communication (X4) dan retail service (X5) masing-masing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Rubelan ABC. Sedangkan Adjusted R square menunjukkan bahwa variabel bebas bauran ritel menyumbang sebesar 51 6% terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil sumbangan efektif variabel place sebagai penyumbang efektif terbesar terhadap kepuasan pelanggan Rubelan ABC sebesar 13 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/31705

Actions (login required)

View Item View Item