Masluchah, Nisa Masluchah (2023) Analisis kinerja simpang bersinyal menggunakan aplikasi kaji (studi kasus: jalan borobudur, jalan a. yani, jalan l. a. sucipto, jalan letjen s. parman) / Nisa Masluchah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pertambahan populasi penduduk di kota Malang mengakibatkan meningkatnya jumlah laju pembangunan dan mobilitas penduduk khususnya pada bidang transportasi. Hal ini menjadi faktor utama mempengaruhi sistem kinerja lalu lintas sehingga menimbulkan kemacetan. Seperti pada simpang A. Yani Utara dan simpang Sabilillah yang saling terkoordinasi. Penelitian ini bermaksud untuk 1) mendeskripsikan kinerja koordinasi simpang bersinyal di Jalan Borobudur Jalan A. Yani Jalan L. A. Sucipto dan Jalan Letjend S. Parman pada kondisi eksisting dan 2) Menganalisis solusi alternatif untuk meningkatkan kinerja koordinasi simpang bersinyal di Jalan Borobudur Jalan A. Yani Jalan L. A. Sucipto dan Jalan Letjend S. Parman. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan cara merekam pergerakan kendaraan menggunakan alat perekam. Setiap perekam akan diletakkan pada masing-masing pendekat. Pengambilan data dilakukan selama 4 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu mewakili hari libur serta hari Senin dan Selasa mewakili hari kerja. Penelitian dilakukan selama masing-masing 3 jam pada pagi siang dan sore hari dengan interval waktu 15 menit per jamnya. Sedangkan untuk analisis perhitungan menggunakan Aplikasi Kapasitas Jalan Indonesia (KAJI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja simpang pada kondisi eksisting berdasarkan hasil aplikasi KAJI menghasilkan derajat kejenuhan (DS) sebesar 1 120 untuk pendekat utara 1 297 untuk pendekat timur 1 208 untuk pendekat selatan dan 1 347 untuk pendekat barat. Hasil tersebut melebihi batas yang disyaratkan yaitu 0 85 yang berarti mendekati lewat jenuh. Tundaan simpang rata-rata (DI) sebesar 377 48 det/smp sehingga masuk dalam tingkat pelayanan F. Berdasarkan jarak antar simpang dan kecepatan kendaraan didapatkan offset sebesar 11 detik sedangkan bandwidth sebesar 57 detik untuk arah utara-selatan dan 32 detik untuk arah selatan-utara. Adapun nilai efisiensi bandwidth dari koordinasi kedua simpang untuk arah utara-selatan sebesar 46 3% dan 26 0% untuk arah selatan-utara. (2) Alternatif 1 dilakukan pengaturan ulang waktu siklus didapatkan hasil tingkat pelayanan F (sangat buruk). Alternatif 2 dilakukan pelebaran jalan pada tiap pendekat didapatkan hasil tingkat pelayanan masuk kategori LOS F (sangat buruk). Alternatif 3 dilakukan perencanaan underpass didapatkan hasil tingkat pelayanan LOS D.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/314497 |
Actions (login required)
View Item |