Pengaruh model problem-oriented project-based learning (popbl) pada materi sistem sirkulasi darah manusia terhadap literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kolaborasi siswa sman 1 tumpang / Nurul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model problem-oriented project-based learning (popbl) pada materi sistem sirkulasi darah manusia terhadap literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kolaborasi siswa sman 1 tumpang / Nurul Hidayati

Hidayati, Nurul Hidayati (2024) Pengaruh model problem-oriented project-based learning (popbl) pada materi sistem sirkulasi darah manusia terhadap literasi sains, keterampilan berpikir kritis, dan kolaborasi siswa sman 1 tumpang / Nurul Hidayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Literasi sains keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi merupakan kecakapan yang dibutuhkan pada abad 21. Kenyataannya kecakapan tersebut masih belum banyak dikembangkan secara optimal di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap pengaruh penerapan model POPBL pada pembelajaran sistem sirkulasi darah terhadap literasi sains keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa SMAN 1 Tumpang. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Tumpang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan satu kelas eksperimen (XI B) yang menerapkan model POPBL dan satu kelas kontrol (XI E) yang menerapkan model PBL. Literasi sains dan keterampilan berpikir kritis diukur dengan tes esai sedangkan keterampilan kolaborasi diukur dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rerata nilai literasi sains keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai p level 0 00 lt alpha 0 05 yang berarti ada pengaruh model POPBL terhadap literasi sains keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa SMAN 1 Tumpang. Penerapan model POPBL mampu meningkatkan literasi sains keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa juga dapat diterapkan untuk meningkatkan kecakapan abad 21 lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311788

Actions (login required)

View Item View Item