Implementasi model problem-oriented project-based learning (popbl) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas x sma maarif lawang / NUR AZIZAH MALIKATUL ILMI - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model problem-oriented project-based learning (popbl) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas x sma maarif lawang / NUR AZIZAH MALIKATUL ILMI

Ilmi, Nur Azizah Malikatul Ilmi (2024) Implementasi model problem-oriented project-based learning (popbl) pada pembelajaran biologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa kelas x sma maarif lawang / NUR AZIZAH MALIKATUL ILMI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Era revolusi industri 4.0. membuat peradaban berubah menuju masyarakat yang berpengetahuan (knowledge society) sehingga mereka dituntut untuk menguasai keterampilan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi pada siswa kelas X SMA Maarif Lawang akibat pengaruh model pembelajaran POPBL. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan enam kali pertemuan pada setiap siklusnya. Siklus pertama menggunakan materi bakteri dan siklus kedua adalah protista. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Maarif Lawang yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh selama tindakan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan cara reduksi data penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pada akhir penelitian diperoleh hasil bahwa penerapan model POPBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa karena adanya beberapa perubahan perilaku serta cara berpikir siswa yang telah memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis dan komunikasi. Oleh karena itu model POPBL terbukti dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan komunikasi siswa karena setiap tahap model POPBL mendorong siswa untuk berpikir kritis dan berkomunikasi untuk memecahkan sebuah masalah melalui pelaksanaan proyek.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 May 2024 04:29
Last Modified: 09 Sep 2024 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/311787

Actions (login required)

View Item View Item