Efektivitas model pembelajaran controversial public issues dalam meningkatkan critical thingking skills peserta didik kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi / Dhita Aulia Rahmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model pembelajaran controversial public issues dalam meningkatkan critical thingking skills peserta didik kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi / Dhita Aulia Rahmayanti

Rahmayanti, Dhita Aulia Rahmayanti (2023) Efektivitas model pembelajaran controversial public issues dalam meningkatkan critical thingking skills peserta didik kelas xi ips pada mata pelajaran ekonomi / Dhita Aulia Rahmayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif model pembelajaran Controversial Public Issues (CPI) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS. Eksperimen kuasi digunakan dalam penelitian ini dengan subjek kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimental dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Hasil skor N-Gain menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Controversial Public Issues (CPI) lebih tinggi sebesar 72 14% atau berada dalam kategori cukup efektif dibandingkan siswa menggunakan model pembelajaran Discovery sebesar 36 26% atau masuk ke dalam kategori tidak Efektif. Artinya isu publik model pembelajaran cukup efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis penerapan model pembelajaran Controversial Public Issues ini hasilnya lebih baik daripada model pembelajaran penemuan di kelas kontrol. Dalam uji Independent Samples T-test diperoleh tingkat signifikansi 0 000 lt 0 05 (nilai signifikan) H0 ditolak yang berarti ada perbedaan signifikan antara keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen XI IPS 2 ekonomi melalui model pembelajaran Controversial Public Issues dan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol XI IPS 5 ekonomi melalui model pembelajaran Discovery. Sehingga karena model pembelajaran Controversial Public Issues (CPI) dapat meningkatkan dimensi keterampilan berpikir kritis sehingga dapat mencapai dimensi yang terkandung dalam Pancasila Profil Pelajar sebagai transisi penerapan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/300618

Actions (login required)

View Item View Item