Candra, Annastya Ayu (2023) Hubungan antara identitas kimia, sikap terhadap kimia, dan pemahaman siswa pada materi laju reaksi / Annastya Ayu Candra</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemahaman kimia merupakan salah satu parameter keberhasilan dalam proses pembelajaran. Adapun identitas kimia dan sikap terhadap kimia dipandang sebagai konstruk penting yang dapat mempengaruhi keputusan akademik prestasi akademik dan ketekunan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara identitas kimia sikap terhadap kima dan pemahaman siswa pada materi laju reaksi yang melibatkan 44 siswa di SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan instrumen angket identitas kimia angket sikap terhadap kimia dan soal esai pemahaman siswa pada materi laju reaksi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara identitas kimia dan pemahaman siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 861 berkategori sangat kuat hubungan sikap terhadap kimia dan pemahaman siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0 865 berkategori sangat kuat serta hubungan identitas kimia dan sikap terhadap kimia dengan nilai koefisien korelasi 0 884 berkategori sangat kuat. Kecenderungan koefisien korelasi identitas kimia dan sikap terhadap kimia serta pemahaman siswa pada materi laju reaksi menunjukkan hubungan yang positif pada ketiga variabel. Oleh karena itu penumbuhan identitas kimia dan sikap terhadap kimia merupakan suatu indikasi yang penting agar dapat membantu pembuat kebijakan dalam merancang kurikulum yang tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kimia di kelas dan meningkatkan pemahaman siswa pada materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:29 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 02:24 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/298878 |
Actions (login required)
View Item |