Nuroini, Aula Zahrotun Nuroini (2023) Pengaruh model pembelajaran predict observe explain (poe) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi di sman 1 singosari / Aula Zahrotun Nuroini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran geografi yang masih sering menggunakan model direct learning cenderung membuat siswa kurang antusias dan tidak menggunakan pemikiran kritisnya secara optimal. Pada pembelajaran abad 21 ini kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu urgensi dan syarat yang harus dihadapi era globalisasi agar mampu bersaing dalam peningkatan mutu kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model POE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada pelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Singosari dengan dua sampel yaitu kelas eksperimen (XI IPS A) dan kelas kontrol (XI IPS B ). Penelitian ini menggunakan post-test only control group design yang termasuk kedalam jenis quasi experiment dengan instrumen tes pengukuran keamampuan berpikir kritis berupa lima butir soal essay. Hasil penelitian berupa data nilai menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai kelas eksperimen yaitu 85 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 77 06. Hal tersebut kemudian dianalisis melalui spss dan digunakan uji hipotesis Independent Sample t-Test dan memperoleh hasil 0 000 lt 0 05 yang menunjukkan bahwa model POE berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini siintak observe memberikan pengaruh yang dominan dalam kemampuan berpikir kritis. Indikator yang paling berhasil dicapai yakni membuktikan dengan pemikiran yang logis sementara indikator yang kurang berhasil dicapai adalah indikator melakukan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/290495 |
Actions (login required)
View Item |