Pengembangan e-module berbasis aplikasi 3D page flip professional pada mata pelajaran marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo / Akmalul Marfuah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module berbasis aplikasi 3D page flip professional pada mata pelajaran marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo / Akmalul Marfuah

Marfuah, Akmalul (2019) Pengembangan e-module berbasis aplikasi 3D page flip professional pada mata pelajaran marketing kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo / Akmalul Marfuah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Marfuah Akmalul 2019. Pengembangan E-Module Berbasis Aplikasi 3D Page Flip Professional Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajamen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Rachmad Hidayat S.Pd. MPd. Kata Kunci E-Module Marketing 3D Page Flip Professional Penelitian pengembangan E-Module Marketing dengan memanfaatkan aplikasi 3D Page Flip Professional dilatar belakangi oleh belum tersedianya E-Module yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan perkembangan IPTEK pada mata pelajaran marketing di SMK Negeri 1 Ponorogo. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Menghasilkan E-Module berbasis aplikasi 3D Page Flip Professional pada mata pelajaran marketing untuk siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Ponorogo 2) Mengetahui kelayakan E-Module Marketing dan 3) Mengetahui bagaimana tanggpan siswa dan guru mengenai produk yang telah dikembangkan. Metode Penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carey (1996) dan terdiri dari lima tahap yakni 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation dan 5) Evaluation. Tahap analysis dilakukan melalui (1) Observasi lapangan pada kurikulum mata pelajaran guru dan siswa. (2) Studi literature melalui penelitian sebelumnya yang relevan (3) Analisis dan solusi dimana menawarkan alternatif pemcahan masalah. 2) Tahap Design dilakukan dengan cara menyusun rancangan pengembangan produk. 3) Tahap Development dilakukan melalui pembuatan produk sesuai dengan rancangan dan uji validitas produk oleh ahli beserta perbaikannya. 4) Tahap Implementation dilakukan dengan cara menguji coba produk yang telah dibuat dan direvisi sebelumnya kepada siswa yang dijadikan subjek uji coba yaitu siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 di SMK Negeri 1 Ponorogo. 5) Tahap Evaluation dilakukan untuk mengetahui hasil penlitian dan respon terhadap produk yang telah dikembangkan. Hasil uji validitas oleh ahli menunjukkan tingkat validitas materi dalam E-Module yang dikembangkan sebesar 99 310% dan tingkat validitas media menunjukkan 98 823%. Sedangkan uji validitas materi oleh guru mata pelajaran marketing menunjukkan tingkat validitas sebesar 97 971% hasil penelitian yang dilakukan kepada siswa dengan cara uji coba produk ke pengguna menujukkan hasil 93 188%. Produk yang telah dikembangkan menujukkan hasil rata-rata 97 313%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Respon dari pengguna sangat baik dan mendapatkan respon yang positif yaitu E-Module sangat bagus dan menarik karena dilengkapi dengan gambar video dan adanya hyperlink dalam daftar isi. Saran dari pengguna yaitu dengan menambahkan video dalam E-Module.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item