Pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar bauran pemasaran / Eva Rosita Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar bauran pemasaran / Eva Rosita Dewi

Dewi, Eva Rosita (2018) Pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran marketing kompetensi dasar bauran pemasaran / Eva Rosita Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Dewi Eva Rosita. 2018. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Berbasis Proyek Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Bauran Pemasaran. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M Kata Kunci Penilaian Psikomotor Penilaian Proyek Hasil Belajar Bauran Pemasaran Penilaian psikomotor adalah penilaian yang berhubungan dengan keterampilan dan kegiatan yang memerlukan koordinasi fisik. Penilaian psikomotor ini berbasis proyek yang dilakukan dengan bentuk tugas (proyek) harus diselesaikan oleh siswa baik individu maupun kelompok dalam waktu telah ditentukan. Tugas yang diberikan oleh siswa dengan membuat sketsa label. Penilaian proyek sangat bermanfaat untuk menilai keterampilan menyelidiki secara umum untuk pelaksanaan proses pembelajaran dan bisa melibatkan siswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek yang sesuai dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Marketing kompetensi dasar bauran pemasaran yang valid dan layak digunakan untuk panduan penilaian dan untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian dan pengembangan ini bermanfaat dalam bidang pendidikan khususnya bagi guru untuk memudahkan dalam menilai siswa secara objektif. Instrumen penilaian psikomotor menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development). Penelitian ini menggunakan metode penelitian Borg Gall yang dimodifikasi menjadi 5 langkah yaitu (1) studi literatur (2) perencanaan (3) pengembangan instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek (4) uji coba terbatas (5) revisi hasil uji coba. Uji coba dilakukan validasi isi dan uji coba terbatas. Validasi isi dilakukan oleh validator ahli 1 dosen Pendidikan Bisnis/Tata Niaga Universitas Negeri Malang dan ahli 1 Guru Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri. Uji coba terbatas dalam penelitian dan pengembangan yaitu siswa kelas X kompetensi keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri berjumlah 12 siswa. Proses uji coba terbatas dilakukan dengan uji keterbacaan instrumen penilaian psikomotor yang berupa angket. Hasil validasi isi instrumen penilaian psikomotor oleh validator ahli ke 1 (dosen) mempunyai rata-rata dengan skor 4.7 dan persentase 94% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Sedangkan validator ahli ke 2 (guru) mempunyai rata-rata dengan skor 4.6 dan persentase 92.8% dengan kriteria kelayakan sangat layak. Validasi isi soal proyek oleh validator ahli ke 1 (dosen) mempunyai rata-rata dengan skor 4.8 dan persentase 95% dengan kriteria kelayakan sangat layak . Sedangkan validasi isi soal proyek oleh validator ke 2 (guru) mempunyai rata-rata 4.6 dan persentase 93.8% dengan kriteria kelayakan sangat layak . ii Hasil uji keterbacaan (pemahaman) yang diperoleh dari siswa kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran mempunyai rata-rata skor 54.1 dengan persentase sebesar 90.2%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa instrumen penilaian psikomotor sangat sesuai/sangat menarik/sangat mudah dipahami. Sedangkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari siswa kelas X Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran dalam mengerjakan sketsa label dengan nilai komponen yang diperoleh dengan rata-rata sebesar 95.76 dan skor akhir rata-rata sebesar 3.82. Hasil belajar siswa terhadap instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek bisa dikatakan sangat bagus dan memperoleh predikat A. Berdasarkan hasil validasi isi dan uji keterbacaan (pemahaman) dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor berbasis proyek untuk mengukur hasil belajar siswa sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/28111

Actions (login required)

View Item View Item