Penerapan good corporate governance untuk meningkatkan kinerja keuangan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Malang / Nurul Dwi Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan good corporate governance untuk meningkatkan kinerja keuangan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Malang / Nurul Dwi Widyawati

Nurul Dwi Widyawati (2007) Penerapan good corporate governance untuk meningkatkan kinerja keuangan pada PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Malang / Nurul Dwi Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan good corporate governance (GCG) dan pengaruhnya terhadap kinerja pada P.T Pos Indonesia (persero) cabang Malang. Kinerja perusahaan ditinjau dari perspektif keuangan mulai tahun 2000 sampai tahun 2005. Penelitian menggunakan periode pembanding 3 (tiga) tahun sebelum dan sesudah GCG diterapkan di Kantor Pos Malang pada akhir tahun 2002. Data diperoleh melalui wawancara dan pengamatan secara langsung. Yaitu membandingkan praktik manajemen di PT Pos Indonesia (Persero) cabang Malang dengan ketentuan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) dan Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance di Indonesia untuk mengetahui penerapan GCG. Return On Investment (ROI) digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan sebelum dan sesudah penerapan GCG dengan indikator keadilan transparansi akuntabilitas dan pertanggungjawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip GCG telah diterapkan dengan baik di Kantor Pos Malang berdasarkan ketentuan yang berlaku mulai tahun 2004. Pengaruh penerapannya terhadap kinerja perusahaan ditinjau dari perspektif keuangan menunjukkan terjadinya fluktuasi yang terlihat pada tahun 2002 sampai tahun 2005. ROI mengalami penurunan terlihat dari tahun 2002 sampai tahun 2003 dikarenakan sock akibat penyesuaian penerapan GCG dan adanya perkembangan teknologi yang mengurangi aktivitas bidang surat-menyurat. Peningkatan yang signifikan ditunjukkan oleh peningkatan ROI pertumbuhan pendapatan dan penurunan biaya pada tahun 2003 sampai tahun 2005. Berdasarkan pembahasan terhadap masalah tersebut diatas maka saran yang dapat diajukan antara lain 1) Meningkatkan komunikasi antara pimpinan dan karyawan. 2) Memberi kesempatan kepada karyawan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan serta kesempatan untuk di promosikan sehingga karyawan termotivasi bekerja dengan giat. 3) Karyawan diharapkan lebih berperan aktif dalam pemberian ide

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272213

Actions (login required)

View Item View Item