Analisis prosedur pengendalian persediaan dan pergudangan pada PG. Padjarakan Probolinggo / Nunung Nurniswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis prosedur pengendalian persediaan dan pergudangan pada PG. Padjarakan Probolinggo / Nunung Nurniswati

Nunung Nurniswati (2007) Analisis prosedur pengendalian persediaan dan pergudangan pada PG. Padjarakan Probolinggo / Nunung Nurniswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemunduran industri gula nasional akhir-akhir ini tidak hanya disebabkan oleh gencarnya importir yang memasuki pasar gula nasional tetapi lebih disebabkan oleh pengelolaan manajemen perusahaan yang kurang baik. Manajemen yang baik dimaksudkan agar tercukupinya pasokan gula nasional sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Salah satu manajemen yang baik adalah penerapan pengandalian persediaan dan pergudangan. Metode dalam penulisan tugas akhir ini adalah dengan menggunakan studi pustaka dan studi lapangan. Studi lapangan dilakukan dengan beberapa cara yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Tujuan dari penulisan adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi efektivitas prosedur pengendalian persediaan dan pergudangan pada PG. Padjarakan Probolinggo. Hasil analisis pemecahan masalah adalah secara keseluruhan prosedur pengendalian persediaan dan pergudangan pada PG. Padjarakan berjalan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari kelebihan prosedur disntaranya yaitu adanya otorisasi yang memadai pemisahan fungsi catatan dan dokumen yang memadai pembatasan akses terhadap persediaan verifikasi independent serta praktik sehat lainnya. Sedangkan di sisi lain terdapat kelemahan prosedur yaitu yang pertama belum diterapkanya penggunaan prenumbered check pada dokumen yang mencatat transaksi yang sering terjadi. Kelemahan yang kedua belum digunakannya dokumen permintaan pembelian pada saat perhitungan barang dari pemasok. Saran yang diajukan umtuk perbaikan prosedur pengendalian yang pertama adalah penggunaan prenumbered check pada dokumen yang sering terjadi. Kedua menggunakan dokumen permintaan pembelian pada saat pemeriksaan dan penghitungan barang yang diterima dari pemasok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272206

Actions (login required)

View Item View Item