Tahapan proses pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi kereta api (studi pada pengguna jasa kereta api eksekutif Gajayana jurusan Malang-Jakarta) / Wariatuzzuhur - Repositori Universitas Negeri Malang

Tahapan proses pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi kereta api (studi pada pengguna jasa kereta api eksekutif Gajayana jurusan Malang-Jakarta) / Wariatuzzuhur

Wariatuzzuhur (2007) Tahapan proses pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi kereta api (studi pada pengguna jasa kereta api eksekutif Gajayana jurusan Malang-Jakarta) / Wariatuzzuhur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Untuk memahami pembuatan keputusan konsumen terlebih dahulu harus difahami sifat-sifat keterlibatan konsumen terhadap produk. Memahami tingkat keterlibatan konsumen terhadap produk berarti berusaha mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan seorang merasa harus terlibat atau tidak dalam pembelian suatu produk. Tingkat keterlibatan konsumen dalam suatu pembelian dipengaruhi oleh kepentingan personal yang dirasakan yang timbul oleh stimulus dengan kata lain seorang merasa terlibat atau tidak terhadap suatu merek produk atau jasa. Oleh karena itu konsumen dapat dikategorikan kedalam dua kelompok yakni konsumen dengan keterlibatan tinggi (high involvement) dan konsumen dengan keterlibatan rendah (low involvement). Dengan memahami tingkat keterlibatan dari masing-masing konsumen maka pemasar akan lebih mudah untuk mengamati tahapan pada proses pengambilan keputusan konsumen sehingga pemasar dapat menetapkan suatu strategi pemasaran sesuai dengan karakter konsumen. Adapun tahapan proses pengambilan keputusan konsumen yakni pengenalan masalah atau kebutuhan pencarian informasi evaluasi alternative merek pilihan atas merek evaluasi pasca pembelian. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini yakni 1).Untuk menegtahui tingkat keterlibatan konsumen dalam menggunakan jasa transportasi kereta api eksekutif Gjayana jurusan Malang-Jakarta 2). Untuk mengetahui tahapan proses pengambilan keputusankonsumen dalam menggunakan jasa transportasi kereta api eksekutif Gajayana jurusan Malang-Jakarta. Dari penulisan tugas akhir ini dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu sebagian besar pengguna jasa transportasi kereta api eksekutif Gajayana adalah konsumen dengan keterlibatan tinggi (high involvement) karena mereka merupakan tipe konsumen yang selektif sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu jasa serta dapat disimpulkan bahwa pengguna jasa kereta api eksekutif Gajayana telah melakukan tahapan-tahapan proses pengambilan keputusan konsumen. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan kepada pihak manajemen PT. KA stasiun besar Malang adalah 1). Pihak manajemen PT. KA stasiun kota besar Malang sebaiknya lebih memahami karakteristik pengguna jasa kereta api dengan keterlibatan tinggi (high involvement) maupun pengguna jasa dengan keterlibatan rendah (low involvement) 2). Strategi pemasaran yang dilakukan harus lebih efektif agar terbentuk suatu loyalitas dari pengguna jasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272101

Actions (login required)

View Item View Item