Pelaksanaan bauran promosi pada koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang Sawit Boyolali / Muhamad Arfan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan bauran promosi pada koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang Sawit Boyolali / Muhamad Arfan

Muhamad Arfan (2007) Pelaksanaan bauran promosi pada koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang Sawit Boyolali / Muhamad Arfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Promosi merupakan alat yang sering di pakai oleh perusahaan atau instansi untuk memperkenalkan membujuk dan menginagtkan akan keberadaan suatu produk. Pada dasarnya promosi terdiri dari periklanan promosi penjualan hubungan masyarakat dan publisitas penjualan secara pribadi dan pemasaran langsung. Setiap perusahaan dapat mengunakan salah satu dari kelima bauran promosi maupun kombinasi dari elemen bauran promosi tersebut. Hal ini dikarenakan betapa berkualitasnya suatu barang dan jasa tetapi masyarakat tidak mengetahuinya maka kemungkinan besar barang atau jasa akan gagal di pasarkan. Tujuan petulisan tugas akhir ini adalah (1) Untuk mengetahhui layanan jasa yang dilakukan Koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang. Sawit Boyolali (2) Untuk mengetahui promosi yang dilakukan Koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang. Sawit Boyolali. (3) Untuk mengetahui keberhasilan pelaqksanaan promosi yang dilakukan Koperasi Asumber Insan Mandiri Cabang Sawit Boyolali. Dalam penulisan tugas akhir ini informasi diperoleh dengan melakukan pengamatan atau observasi yang dilakukan selama menjalankan prakter kerja laanggan (PKL) praktikum manajemmen pemasaran III. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pelaksanaan periklanan di Koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang Sawit Boyolali meliputi iklan media elektronik yang ditayangkan di televisi iklan media cetak yang di muat di surat kabar media luar ruanggan seperti brosur sepanduk papan reklame yang ditempel di pingir-pingir jalan. Promosi penjualan yang di lakukan Koperasi Sumber Insan Mandiri Cabang Sawit Boyolai meliputi pemberian bunga dan hadiah. Pemberian hadiah yang dilakukan koperasi Sumber Insan Mandiri tidak melalui proses pengundian tetapi dengan melihat seberapa besar nasabah meng investasikan hartanya dikoperasi Sumber Insan Mandiri. Saran bagi koperasi Sumber Insan Mandiri 1. Dalam melaksanakan promosi sebaiknya koperasi Sumber Insan Mandiri lebih agresif sehingga konsumen dapat mengetahui sifat dan karakteristi produk jasa yang ditawarkan oleh koperasi SIM . 2. Koperasi SIM harus secara berkala mengadakan evaluasi terhadap bauran promosi yang telah dilaksanakanselama ini untuk mengantisipasi adanya peluang baru serta perubahan strategi promosi yang akan dilaksanakan berikutnya. 3. Untuk bauran promosi hubungan masyarakat sebaiknya koperasi Sumber Insan Mandiri lebih mempertimbangkan bentuk hubungan yang telah dilakukan dalam hal ini koperasi Sumber Insan Mandiri dapat menyediakan tempat kritik atau saran atas pelayanan yang dilakukan selama ini agar para nasabah juga dapat memberikan masukan demi perkembangan koperasi Sumber Inasan Mandiri. 4. Untuk pelayanan tentang keramahan dan ketepatan pemberian jasa atas bunga yang diberikan koperasi terhadap nasabah diharapkan lebih ditingkatkan agar nasabah loyal terhadap produk yang dihasilkan oleh koperasi Sumber Insan Mandiri dan akan menarik nasabah lain untuk menjadi loyal melalui iklan word of mouth (dari mulut ke mulut).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272097

Actions (login required)

View Item View Item