Pelaksanaan kegiatan jasa perbankan dalam menyortir uang untuk diedarkan kembali ke masyarakat pada PT. BCA. Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu Malang / Silvia Eka Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan kegiatan jasa perbankan dalam menyortir uang untuk diedarkan kembali ke masyarakat pada PT. BCA. Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu Malang / Silvia Eka Jayanti

Silvia Eka Jayanti (2007) Pelaksanaan kegiatan jasa perbankan dalam menyortir uang untuk diedarkan kembali ke masyarakat pada PT. BCA. Tbk Kantor Cabang Pembantu Batu Malang / Silvia Eka Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dewasa ini sektor jasa mengalami perkembangan yang pesat. Semakin banyak perusahaan jasa yang masuk ke pasar dan menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat. Salah satu bentuk perusahaan yang memberikan jasa adalah Bank. Menurut Undang-Undang RI no. 10 tahun 1998 (dalam Kasmir 2002 23) bank secara sederhana dapat diartikan sebagai lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya serta memberikan jasa perbankan yang lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. untuk saat ini maupun di masa yang akan datang kita tidak akan dapat terlepas dari dunia perbankan jika hendak menjalankan aktivitas keuangan karena hampir semua sektor yang berhubungan dengan berbagai kegiatan keuangan selalu membutuhkan jasa bank. Salah satu bentuk jasa Bank yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah jasa penyortiran uang. Pelaksanaan kegiatan jasa ini bertujuan untuk membantu menghindarkan nasabah dalam memperoleh uang palsu dan uang lusuh serta mengurangi jumlahnya yang beredar di masyarakat karena banyaknya kasus uang palsu yang saat ini sedang maraknya terjadi di sekitar kita dan masyarakat masih belum dapat mengenali betul ciri-ciri uang palsu dan uang asli serta tidak terlalu memperdulikan banyaknya uang lusuh yang seharusnya tidak layak lagi untuk beredar. Kegiatan jasa penyortiran ini dapat kita temukan pada semua bank karena ini merupakan suatu bentuk peraturan dari Bank Indonesia. Salah satu bank yang melaksanakan kegiatan ini adalah PT. BCA Tbk KCP Batu Malang Tempat dimana penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan. Untuk pecahan dan nominal uang yang di sortir adalah uang kertas mulai dari nominal Rp. 1000 Rp. 5000 Rp. 10.000 Rp. 20.000 Rp. 50.000 dan Rp. 100.000 yang cara penyortiran dari masing-masing nominal uang berbeda. Langkah-langkah yang dilalui sebelum uang beredar kembali ke masyarakat dan sebelum masuk ke mesin ATM juga harus dilakukan dengan sangat ketat untuk menghindarkan adanya uang palsu dan uang lusuh supaya tidak beredar kembali ke masyarakat. Penyortiran dilakukan sebanyak tiga kali yang pertama uang disortir oleh teller dengan sinar ultraviolet yang kemudian disetorkan ke petugas sortir dihitung dahulu menggunakan mesin kipas dan yang terakhir di sortir lagi oleh Pimpinan/Kabag dihitung dengan menggunakan mesin kipas. Uang yang bagus akan diedarkan kembali ke masyarakat sedangkan uang yang lusuh akan dikirim ke Bank Indonesia untuk dimusnahkan. Untuk penggunaan mesin penyortiran antara Bank Umum dan Bank Indonesia sangat berbeda. Bank Indonesia menggunakan mesin yang sangat canggih sedangkan Bank Umum masih menggunakan tenaga manusia yaitu petugas pada bagian sortir uang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272078

Actions (login required)

View Item View Item