Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen untuk memilih jasa kereta api sebagai alat transportasi / Leli Purniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen untuk memilih jasa kereta api sebagai alat transportasi / Leli Purniawati

Leli Purniawati (2007) Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen untuk memilih jasa kereta api sebagai alat transportasi / Leli Purniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan akan adanya alat transportasi saat ini meningkat tajam karena alat tranportasi merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam memenuhi kebutuhan manusia terutama dalam memindahkan barang dari satu tempat ketempat yang lain. Kereta api yang sudah lama berada di Indonesia dengan segala keunggulan yang dimilikinya tetap mampu dalam mendominasi sebagai alat transportasi. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memilih kereta api sebagai alat transportasi Faktor eksternal yang turut mempengaruhi konsumen untuk memilih kereta api sebagai alat transportasi adalah faktor budaya faktor kelas dan status sosial faktor kelompok acuan faktor keluarga faktor proses belajar dan faktor situasi. Adapun faktor eksternal yang paling dominan adalah faktor kelas dan status sosial. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen untuk memilih kereta api sebagai alat transportasi dan menjelaskan apa yang menjadi keunggulan kereta api gajayana untuk dapat menarik konsumen dalam menggunakan kereta api gajayana sebagai alat transportasi rute Malang - Jakarta. Pelaksanaan kegiatan Praktikum Manajemen Pemasaran III ini dilakukan di Stasiun Kota Baru Malang dimulai dari tanggal 24 September 20 November 2007. Dalam kegiatan praktikum tersebut dapat diketahui bahwa faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen memilih kereta api sebagai alat transportasi antara lain faktor budaya faktor kelas dan status sosial faktor kelompok acuan faktor keluarga faktor proses belajar dan faktor situasi. Adapaun faktor eksternal yang paling dominan dalam mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian adalah faktor kelas dan status sosial Keunggulan yang dimiliki oleh kereta api Gajayana sehingga dapat menarik konsumen untuk menggunakan kereta api sebagai alat transportasi adalah pertama kualitas layanan yang meliputi ketepatan waktu kemudahan dalam pelayanan dan kenyamanan. Kedua penetapan tarif harga. Karena sebagian besar pengguna kereta api Gajayana adalah kelas menengah keatas dimana mereka sangat selektif terhadap layanan yang ditawarkan Maka sebaiknya PT. KA selalu berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada konsumen pengguna jasa kereta api tersebut misalnya seperti peningkatan pelayanan kemudahan dalam pelayanan pemenuhan fasilitas yang dibutuhkan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi apa bila terjadi rasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan sehingga konsumen tidak berpindah dan loyal dalam menggunakan kereta api sebagai alat transportasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272072

Actions (login required)

View Item View Item