Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model stad terhadap prestasi belajar biologi dan aktivitas siswa kelas I SMU Negeri 5 Malang / oleh Nurus Syamsiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model stad terhadap prestasi belajar biologi dan aktivitas siswa kelas I SMU Negeri 5 Malang / oleh Nurus Syamsiyah

Syamsiyah, Nurus (2007) Pengaruh metode pembelajaran kooperatif model stad terhadap prestasi belajar biologi dan aktivitas siswa kelas I SMU Negeri 5 Malang / oleh Nurus Syamsiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SyamsiyahN . 2002.P engaruhM etodeP embelalaranK ooperatif Model STAD terhadap Prestasi Belajar Biolagi dan Aktivitas Siswa Kelas I SMJ Negeri 5 Iulalang. Skripsi hogram Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas NegeriMalangP. embimbing(l ) Drs. SoewoloM .Pd ( II) Drs.T riastono lmam PrasetyoM .Pd. Kata Kunci PembelajaranK ooperatif model STAD prestasiB elajar A ktivitas Siswa. Pengajarany ang dilakukan guru di dalam kelas umumnyad irancangu ntuk mengkondisikan siswasiswa berkompetisi. Bentuk kompetisi yang banyak diterapkand alam pengajaranb iasanyat idak mengarahp ada bentuk kompetisi yang tepatd an adil sebaliknyaj ustru sering mendatangkane fek yang mengganggud an merusakm ental sisua. Salah safu alternatif metode pembelajarank ooperatif adalah model STAD (Student Teams Achievement Division) yang diharapkan dapat mengattifkan selumh siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatanuntukbekedsaa maa ntars isway ang mempunyaik emampuanh eterogen. Penelitian ini berhrjuan untuk (l) mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaranko operatifm odel STAD terhadapp restasib elajar biologi siswad an (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif model srAD terhadap altivitas belajar siswa. Rancangan penelitian yang dipakai adalah rancanganP ascatesd enganp emilihan kelompok yang tidak diacak pada eksperimen semu. Untuk analisis data prestasi belajar dipergunakan uji normatitas uji homogenitas dan qii t satu pihak sedangkan analisis data aktivitas siswa dipergunakana nalisisd eskripif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I SMU Negeri 5 Malang yang tersebard alam 9 kelas s edangtans ampely arg diambil adalahd ua kelas y aitu kelas fu dengan junlah siswa 36 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan metodek ooperatifm odel STAD dan kelasI e denganju mlah siswas ebanyak3 9 siswa sebagaki elompokk ontrol yang diajar denganm etodec eramah. Dari hasil analisis dala prestasi belajar diperoleh t6 6 u54 yaitu 2 378b0 019987.J adi llo ditolak jadi ada perbedaanp restasib etajars isway ang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model STAD dengan siswa yang diajar dengan metode ceramah Karena rerata prestasi siswa dengan pembelajaran kooperatif model STAD rerata prestasi sisrva dengan metode ceramah maka berad siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model STAD memiliki prestasi belajar lebih tinggr dibandingkand engans iswa yang diajar denganp embelajaran ceramah. Dari data aktivrtas siswa diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif model STAD mernbawa pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/25446

Actions (login required)

View Item View Item