Rena, Mayang Puspa (2019) Eksplorasi masalah yang dihadapi guru SMA negeri dan swasta di Kabupaten Tulungagung dalam mengimplementasikan teknik penilaian non tes sesuai Permendikbud No. 23 Tahun 2016 / Mayang Puspa Rena. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i RINGKASAN Rena Mayang Puspa. 2018. Eksplorasi Masalah Yang Dihadapi Guru SMA Negeri Dan Swasta Di Kabupaten Tulungagung Dalam Mengimplementasikan Teknik Penilaian Non Tes Sesuai Permendikbud No. 23 Tahun 2016. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Endah Indriawati M.Pd. (II) Dr. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Guru Teknik Penilaian Non Tes Permendikbud No. 23 Tahun 2016. Penilaian non tes sebagai alat penilaian sikap pengetahuan dan keterampilan dirasakan penting oleh guru namun implementasinya masih kurang baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Kenyataannya guru di SMA Negeri maupun SMA Swasta yang ada di Kabupaten Tulungagung menghadapi permasalahan dalam hal pembuatan tentang instrumen penilaian non tes antara lain terkait dengan kesulitan mengembangkan variasi penilaian non tes kesulitan membuat instrumen penilaian non tes kurangnya motivasi guru belum adanya penanganan atau tindak lanjut dari lembaga terkait atau sekolah lain kesulitan mencari bahan pustaka mengenai penilaian non tes kurangnya sosialisasi guru dan kurangnya pengadaan pelatihan/workshop/seminar mengenai penilaian non tes. Berdasarkan masalah tersebut di atas maka perlu diadakan penelitian dengan judul Eksplorasi Masalah yang Dihadapi Guru SMA Negeri dan Swasta Di Kabupaten Tulungagung dalam Mengimplementasikan Teknik Penilaian Non Tes Sesuai Permendikbud No. 23 Tahun 2016 . Untuk mendapatkan data maka peneliti menggunakan angket dan telaah RPP. Angket yang digunakan ada dua macam yaitu angket pelaksanaan teknik penilaian non tes dan angket masalah teknik penilaian non tes. Sedangkan telaah RPP dilakukan dengan cara mengadakan observasi yang bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara indikator dengan tujuan antara materi dengan metode pembelajaran materi dengan media pembelajaran dan ada tidaknya aspek penilaian non tes di dalam RPP. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa 100% guru tidak pernah melaksanakan instrumen penilaian non tes dan 100% perangkat RPP belum dilengkapi instrumen penilaian non tes. Pelaksanaan penilaian non tes yang dilakukan guru tidak didasarkan pada acuan yang diperoleh dari instrumen penilaian non tes tetapi dilakukan secara tidak terencana melalui kegiatan menjawab soal-soal dalam LKS membuat rangkuman materi dan kinerja praktikum. Pelaksanaan penilaian non tes tidak direncanakan secara terencana tetapi hanya dilakukan secara berkala jika menurut guru diperlukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/25298 |
Actions (login required)
View Item |